UKURAN LAPANGAN FUTSAL
Pendidikan

UKURAN LAPANGAN FUTSAL

UKURAN LAPANGAN FUTSAL

UKURAN LAPANGAN FUTSAL

Perbedaan signifikan antara

sepak bola dan futsal ada pada luas lapangan permainan. Lapangan futsal terlihat lebih kecil dibandingkan sepak bola. Permainan futsal harus dilakukan di lapangan yang memiliki permukaan yang rata. Lapangan yang biasa dijumpai memiliki dua macam, ada lapangan futsal yang terbuat dari bahan karet dan ada juga rumput sintetis.

Lapangan futsal berbentuk persegi panjang yang  memiliki panjang 25-43 meter dan lebar 15-25 meter. Daerah penalti yang berbentuk busur yang berukuran 6 meter pada masing-masing gawang. Lalu jarak titik putih pinalti ke garis gawang sepanjang 6 meter.  Jika titik putih tengah lapangan hingga garis gawang sepanjang 10 meter. Semua garis batas pada lapangan futsal selebar 8 centimeter.

Warna tiang gawang harus berbeda dengan warna lapangan permainan futsal. Lebar tiang gawang dan mistarnya harus sama yaitu 8 cm. Sedangkan pada jaring-jaring gawang harus terbuat dari tali rami atau nilon yang terkaitkan dengan masing-masing gawang. Gawang futsal dapat dipindahkan dimana saja tetapi tetap kokoh dan pada tempat aslinya saat permainan berlangsung.

Sedangkan ukuran gawang futsal memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Menurut peraturan futsal, gawang futsal harus diletakan pada bagian tengah masing-masing daerah tim. Gawang terdiri dari buah tiang dan memiliki sudut yang sama dengan mistar gawang. Tiang gawang dan mistar harus terbuat dari bahan logam atau bahan lainnya yang diperbolehkan.


Baca Juga :

Anda mungkin juga suka...