Tips Pakai Google Meet untuk Work From Home karena Corona COVID-19
Teknologi

Tips Pakai Google Meet untuk Work From Home karena Corona COVID-19

Tips Pakai Google Meet untuk Work From Home karena Corona COVID-19

 

Tips Pakai Google Meet untuk Work From Home karena Corona COVID-19
Tips Pakai Google Meet untuk Work From Home karena Corona COVID-19

Google Meet merupakan salah satu fitur dari Google yang bisa dimanfaatkan untuk work from home saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia.

Google Meet (Hangouts Meet/Meet) adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam bekerja meski dilakukan dari rumah.

Dilansir dari Software Advice, perangkat lunak ini merupakan sebuah aplikasi konferensi percakapan video secara online. Ini adalah versi lain dari Google Hangouts yang dikhususkan untuk bisnis dari semua ukuran.

Google Meet memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lainnya per pertemuan. Dengan kata lain, Google Meet bisa menjadi media alternatif untuk bersosialisasi dengan rekan kantor atau bahkan melakukan rapat kerja.

Namun, panggilan video untuk rapat jarak jauh dengan rekan-rekan di kantor bisa jadi menimbulkan tantangan ketika dilakukan di rumah, mulai dari suara bising sampai orang yang tidak sengaja lewat. Berikut ini tips dari Google Indonesia agar video call dengan rekan kantor tetap terlaksana dengan baik meski pun sedang bekerja di rumah.

1. Atur tempat dengan benar
Pilih tempat dengan latar belakang tembok polos, jika ada. Hindari membelakangi jendela supaya tidak ada cahaya

dari belakang.

Jika menggunakan laptop, taruh di tempat yang stabil. Memangku laptop bisa menyebabkan guncangan kecil yang bisa mengganggu fokus.

2. Undang teman
Jangan lupa untuk mengundang teman-teman yang akan diajak bergabung dengan panggilan video.

3. Suara tidak jelas? Aktifkan teks
Jika menggunakan Google Hangout Meet, pengguna bisa menyalakan fitur teks otomatis yang bisa menampilkan teks secara terkini (seperti subtitle di film). Fitur ini bisa ditemukan di bawah jendela Meet.

4. Tunjukkan sedikit kehidupan nyata
Bergantung pada budaya tempat bekerja, mungkin tidak ada salahnya menampilkan sedikit kehidupan nyata yang selama ini tidak terlihat di kantor, misalnya, biarkan anak melambai ke kamera.

Menunjukkan sedikit kehidupan di luar kantor diyakini bisa membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, bahkan menimbulkan empati tentang apa yang terjadi di luar pekerjaan.

Google Meet terintegrasi dengan G Suite, yang memungkinkan pengguna untuk dapat bergabung langsung dari

Kalender atau undangan yang dikirim via email.

Selain itu, undangan meeting yang dibuat dari aplikasi tersebut juga dapat diakses melalui tautan dan kode rapat yang dikirimkan, serta nomor telepon jika tersedia.

Pengguna yang menggunakan Skype for Business atau sistem berdasarkan standar SIP dan H.323 (Polycom dan Cisco) juga dapat dengan mudah bergabung dengan pertemuan Google Meet melalui Pexip Infinity Platform.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat dinikmati melalui perangkat seluler, baik itu iOS maupun Android. Pengguna dapat pula memantau jadwal rapat dengan semua informasi penting dari Kalender layaknya versi desktop.

Adapun cara untuk membuat undangan pertemuan tersebut yakni dengan membuat akun di G Suite. Anda akan

diminta untuk memasukkan nama bisnis, pilih jumlah karyawan, dan isi data diri untuk menjadi admin G Suite.

Ikuti alur pendaftaran hingga selesai. Setelah itu barulah Anda akan memiliki akses ke email bisnis, konferensi video, penyimpanan online, dan alat bisnis lainnya.

Sumber:

https://finbarroreilly.com/car-mechanic-job-apk/

Anda mungkin juga suka...