TEKNOLOGI CETAK UANG NKRI
Pendidikan

TEKNOLOGI CETAK UANG NKRI

TEKNOLOGI CETAK UANG NKRI

TEKNOLOGI CETAK UANG NKRI

Perlu anda ketahui

juga selain teori-teori di atas bahwa pada tahun 2016 ketika pembuatannya Bank Indonesia telah menyatakan jika uang akan dicetak dengan menggunakan teknologi yang berbeda dari pada yang sebelumnya. Perbedaan tersebut terutama memang terletak pada kertas yang akan digunakan dalam mencetak uang, kertas tersebut mempunyai fitur sekuriti intaglio.

Intaglio adalah sebuah teknik percetakan uang yang dilakukan dengan cara menggoreskan pada permukaan kertas, sehingga nantinya jika dipegang uang tersebut akan terasa timbul, ada lagi memang fitur seperti rainbow feature, yaitu fitur gambar yang terdapat pada uang yang apabila anda lihat nantinya dari sudut tertentu maka akan tampak gambar tersembunyi yang mempunyai banyak warna.

Ultraviolet Feature yang jika dilihat di bawah sinar UV akan tampak sebuah gambar yang memudar menjadi dua warna. Laten image di sini maksudnya adalah maksudnya ada gambar tersebut akan bersembunyi berupa logo BI (terdapat pada bagian depan uang) dan nominal uang (belakang uang). Colour Shifting ini, fitur yang apabila di lihat dari sudut pandang tertentu akan terlihat warna kontras.

Di atas adalah beberapa hal mengenai uang, mulai dengan sejarah uang, definisi tentang uang, syarat-syarat uang, fungsi uang itu sendiri, nilai dan jenis uang, teori nilai uang, sampai dengan fitur cetak terbaru uang yang ada di Indonesia. Maka dari itu perlu dipahami mengenai sejarah uang tersebut sebelum anda bertransaksi atau menjelaskan kepada orang lain.


Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/

Anda mungkin juga suka...