Pendidikan

Sidang Paripurna

Sidang Paripurna

Sidang paripurna merupakan pemegang kekuasaan tertinggi, yang terdiri dari seluruh anggota Komnas HAM. Sidang dapat menetapkan peraturan tata tertib, program kerja, mekanisme kerja, mengusulkan sidang paripurna kepada Presiden, memberhentikan anggota Komnas HAM, memilih Sekretaris Jenderal, memilih serta menentukan Ketua dan Wakil Ketua Komnas HAM dan mengajukan bakal calon Anggota Komnas HAM.

2)      Sub Komisi

Sedangkan Sub Komisi yang terdiri atas empat bidang merupakan pelaksana fungsi-fungsi yang ada, yang tugasnya sebagai berikut:

(a)   Sub Komisi pengkajian dan penelitian. Tugas pokok sub komisi ini adalah mengkaji berbagai instrumen internasional hak asasi manusia dan berbagai peraturan perundang-undangan disamping membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan perlindungan dan pemajuan hak asasi. Untuk melengkapi tugas ini sub komisi berwenang melakukan studi kepustakaan, lapangan maupun studi banding, penerbitan serta kerjasama dengan pihak/organisasi lain.[7]

(b)   Sub Komisi Penyuluhan. Sub komisi ini pada dasarnya bertugas melakukan diseminasi gagasan hak asasi manusia dan peningkatan kesadaran (awareness) masyarakat tentang hak asasi manusia. Sub komisi juga dapat melakukan kerjasama dengan pihak/lembaga lain.

(c)   Sub Komisi Pemantauan. Tugas sub komisi ini adalah melakukan pengamatan (monitoring) atas pelaksanaan hak asasi manusia dan penyelidikan dan pemeriksaan (investigasi) atas peristiwa yang dapat didugaterdapat pelanggaran hak asasi manusia. Untuk melaksanakan tugas itu, berbeda dengan Keppres yang lalu undang-undang memberi wewenang subpoena (memanggil secara paksa) kepada Komnas HAM dan melakukan langkah amicus curaei dalam pengadilan yang mengandung aspek pelanggaran hak asasi manusia.

(d)  Sub Komisi Mediasi. Sub Komisi ini tidak ada sebelumnya dan menimbulkan perdebatan. Tugas pokok subkomisi adalah melakukan perdamaian dan penyelesaian perkara melalui cara konsultasi, negosiasi, medisi, dan konsiliasi.

Sumber :

https://butikjersey.co.id/facebook-luncurkan-aplikasi-workplace-chat/

Anda mungkin juga suka...