Perikanan

Respon Siswa

Table of Contents

Respon Siswa

Salah satu faktor yang mempengarohi terhadap keberhasilan proses pembeJajaran adaJah siswa. Faktor diri siswa yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran tersebut antara lain adalah perhatian, bakat, minat, intelegensi dan motivasi untuk beJajar (SJameto, 2003: 55). Motivasi dipandang sebagai suatu proses dalam diri siswa yang menyebabkan munculnya tingkah laku ke arah tujuan yang diharapkan. Motivasi dibedakan atas motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasaI dari dalam diri siswa. Sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar diri siswa.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika, (Sahabuddin 1999:63) mengemukakan bahwa apabila seorang siswa memiliki motivasi tinggi dalam belajar matematika, maka ia akan mempeJajari matematika dengan sungguh-sungguh sehingga ia mempunyai pengertian yang lebih mendalam dan dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan, siswa yang motivasi belajarnya rendah akan menimbulkan kegagalan dalam belajamya.

Berdasarkan uarain di atas, maka dapat disimnpuJkan bahwa seorang siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar matematika akan memberikan respon positif dan sebaliknya sisvra yang motivasi belajar rendah akan memberikan respon negatif yang diwujudkan dalam sikap atau pendapat yang diberikan terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

2). Guru

Guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru merupakan peIaksana pembeIajaran ill keIas, sebab guru yang mampu mengeIoIa proses belajar akan mempengaruhi mutu pelajarnn. Penguasaan materi dan earn penyampaiannya merupakan syarat mutIak bagi seorang guru. Seorang guru yang tidak menguasai materi matematika dengan baik, tidak mungkin ia dapat mengajar matematika dengan baik. Demikian juga seorang guru yang tidak menguasai berbagai earn penyampaian dapat menimbulkan kesulitan siswa daIarn memaharni matematika (Sardiman, 2000:87).

Dari urman di atas, daIarn kegiatan pengembangan perangkat ini kondisi guru adalah kemarnpuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika realistik yang meliputi pendahuIuan, kegiatan inti, penutup.

baca juga :

Anda mungkin juga suka...