Pendidikan

Prosesor Telekomunikasi

Prosesor Telekomunikasi

  • Modem adalah prosesor telekomunikasi yang paling umum. Mengubah sinyal digital dari komputer atau terminal transmisi pada salah satu ujung telekomunikasi menjadi frekuensi analog yang dapat dikirim dengan menggunakan saluran telepon biasa.
  • Multiplekser (Multiplexer) adalah prosesor komunikasi yang memungkinkan saluran komunikasi tunggal untuk melakukan transmisi data secara simultan dari banyak terminal.
  • Prosesor berbasis internet adalah jaringan telekomunikasi saling dihubungkan oleh prosesor komunikasi tujuan khusus. Seperti switch, router, hub dan gateaway.

Ø Software Telekomunikasi

Software adalah komponen utama dari semua jaringan telekomunikasi. Software manajemen jaringan dan telekomunikasi dapat ditemukan di komputer, server, mainframe dan prosesor komunikasi seperti multiplekser dan router.

Ø Manajemen Jaringan:

Manajemen jaringan seperti sistem operasional jaringan dan monitor telekomunikasi menentukan prioritas transmisi, menyalurkanpesan terminal di dalam jaringan, dan membentuk saluran tunggu dari permintaan transmisi. Fungsi Manajemen Jaringan yang utama adalah:

  • Manajemen arus: mengelola sumber daya dan arus jaringan untuk menghindari kemacetan dan mengoptimalkan tingkat pelayanan bagi pengguna.
  • Keamanan: software telekomunikasi harus menyediakan otentikasi, enkripsi, firewall, dan fungsi auditing, serta menegakkan kebijakan keamanan.
  • Pengawasan jaringan: penyelesaian masalah dan pengawasan jaringan, menginformasikan ke administrator jaringan mengenai masalah potensial sebelum terjadi.
  • Perencanan kapasitas: survei sumber daya jaringandan pola arus serta kebutuhan pemakai untuk menentukan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan jaringan yang terus berkembang dan berubah.

baca juga :

Anda mungkin juga suka...