Pohon Jelutung Rawa (Dyera lowii)
Umum

Pohon Jelutung Rawa (Dyera lowii)

Pohon Jelutung Rawa (Dyera lowii)Pohon Jelutung Rawa (Dyera lowii)

Jelutung rawa merupakan jenis tanaman asli yang hidup di rawa gambut, dan dapat ditemukan tumbuh tersebar di daerah di pulau Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaysia (Tata, et al., 2015). Jelutung rawa (Dyera lowii) bisa tumbuh di daerah gambut seperti kawsan hutan produksi bekas tebangan dan kebakaran, zona penyanggah kawasan konservasi, lahan usaha transmigrasi daerah rawa yang kuran sesuai tanaman pangan dan lahan rawa tidak produktif milik masyarakat (Bastoni, 2014).
Menurut Corner & Watanabe (1969), pohon jelutung rawa memiliki taksonomi sebagai berikut:
Kingdom  : Plantae
Devisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Apocynales
Famili : Apocynaceae
Genus : Dyera
Spesies : Dyera lowii Hook. F.
Pohon jelutung rawa memiliki ukuran besar dengan ketinggian dapat mencapai 60 meter dan diameter 260 sentimeter. Pohon jelutung rawa memiliki tajuk yang tipis (Wibisino, dkk., 2005).  Daun jelutung rawa berbentuk oval berwarna hijau dengan ujungnya berlekuk, dan pangkal daun bulat. Buanya berupa buah polong yang saling berhadapan dengan warna coklat tua ketika sudah tua. Batang jelutung rawa lurus berbentuk bulat silidris dengan kulit coklat kehijauan atau coklat kehitaman berukuran tipis sampai sedang, dan memilii lentisel. Selain itu, jelutung rawa juga menghasilkan etah berwarna putih hingga krem serta memiliki akar nafas (Soepadmo et al., 2002).

5. Pohon Kempas (Kompasia malaccensis)

Kempas merupakan merupakan jenis kayu yang bernilai ekonomi tinggi dan merupakan tempat lebah madu bersarang sehingga jika tidak dijaga kelestariannya menyebabkan menurunnya jumlah dari jenis ini. Kempas dapat dikenali dari bentuk batangnya yang tinggi menjulang, berwarna keputih-putihan dengan tinggi cabang pertama dapat mencapai 30 meter. Percabangan pertama yang besar dan tinggi serta kulit kayunya yang licin menjadi salah satu hal yang disukai lebah madu untuk membuat sarang (Takong et al., 2013).
Menurut Tjitrosoepomo (2007), pohon kempas memiliki taksonomi sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta 
Kelas : Magnoliopsida 
Ordo : Fabales 
Famili : Caesalpiniaceae 
Genus  : Koompassia 
Spesies : Koompassia malaccensis Maing. ex Benth.
Pohon kempas (Kompasia malaccensis) dapat tumbuh dengan tinggi 60 m dengan diameter 60-100 cm. Daun pohon kempas bergabung dalam satu tangkai dengan buah tipis dan dikelilingi sayap. Pohon ini memiliki kulit btang yang halus dan sedikit memiliki celah dengan warna abu-abu tua sampai krem. Selain itu, pohon kempas ini memiliki akar papan atau akar berbanir dan tidak menghasilkan getah (Thomas, A.).

Anda mungkin juga suka...