Perikanan

 Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan

 Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan

Perkembangan teknologi terutama dibidang informasi dan komunikasi semakin pesat menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Interaksi antar bangsa semakin mudah dan globalisasipun tidak dapat dihindari oleh bangsa manapun.

Perkembangan teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa. Perkembangan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Perkembangan teknologi pada masa lalu

            Pada masa lalu, perkembangan teknologi ditandai dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

  1. Perkembangan teknologi pada masa sekarang

            Perkembangan teknologi informasi pada masa sekarang sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Diantara penggunaan telepon seluler dan internet. Hampir semua orang sudah bisa menggunakan media teknologi informasi tersebut. Perkembangan teknologi saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa/pelajar dengan dosennya/guru.

  1. Perkembangan teknologi pada masa mendatang.

            Salah satu perpektif teknologi dalam pendidikan masa mendatang yaitu virtual school dan virtual university. Virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, dari mana saja.[6]

Pada era globalisasi, ada kecenderungan kuat terjadinya proses universalisasi yang melanda seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satu implikasinya terlihat pada gaya hidp global seperti makanan, pakaian, gaya hidup maupun musik. Anak-anak kecil dengan mudah dapat melihat film-film kartun mancanegara, kita bisa mengetahui dan ikut menikmati berbagai jenis makanan dari berbagai bangsa, dan demam mode dunia melanda semua negara adalah contoh dari pengaruh globalisasi yang tak bisa dihindarkan dari negara kita.

Banyak hal yang perlu kita cermati agar sebagai bangsa kita tidak tertinggal oleh hal-hal baru yang terjadi secara global sehingga kita bisa beradaptasi dengan negara-negara lain didunia. Disisi lain kita pun harus punya filter agar pengaruh globalisasi yang negatif tidak mempengaruhi kehidupan kita dan kita tetap bisa melestarikan budaya bangsa.

Dibidang pendidikan, peran guru untuk mendidik peserta didik menjadi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan akar budaya sangat penting dalam menentukan perjalanan penerus bangsa. Guru dituntut menjadi pendidik yang bisa menjembatani kepentingan-kepentingan itu.tentu saja melalui usaha-usaha nyata yang bisa diterapkan dalam mendidik peserta didiknya. [7]

Dari sini kita bisa melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat seiring arus globalisasi yang secara otomatis akan berdampak pada segala kawasan, begitu juga pada kawasan pendidikan  ikut berdampak pada perkembangan pendidikan pula.

https://ijateng.id/alliance-wars-apk/

 

Anda mungkin juga suka...