PERBEDAAN PENGERTIAN ETIKA DAN MORAL
Pendidikan

PERBEDAAN PENGERTIAN ETIKA DAN MORAL

PERBEDAAN PENGERTIAN ETIKA DAN MORAL

PERBEDAAN PENGERTIAN ETIKA DAN MORAL

Berikut perbedaan yang ada pada etika dan moral :

  • Sumber Hukum

Pada dua hal ini sumber hukum yang dianut tentu memiliki perbedaan, yaitu dengan pikiran secara masing-masing individu atau berasal dari sebuah lingkungan masyarakat. Ini sudah dikatakan pada hal sebelumnya, sehingga bergantung apakah hal itu bisa diterima atau tidak. Contoh yang nyata adalah beberapa kode etik pada profesi lebih pada suatu individu sehingga layak untuk dilakukan untuk kewajiban.

Namun, untuk moral ini bergantung dengan tanggapan lingkungan yang ada. Landasan umum yaitu budaya dan agama yang ada pada sekitar adalah hal yang cukup menjadi kunci dalam hal ini. Hal ini membuat masyarakat yang menilai hal ini layak atau tidak maupun baik atau buruknya.

  • Penerapan Hukum

Biasanya pada point etika ini bersifat pada sifat yang konsisten dan berkelanjutan secara terus menerus. Namun, tetap bisa ada perubahan etika ketika mengikuti jaman yang ada melalui pikiran masing-masing individu. Biasanya pada profesi kode etik yang ada akan berbeda tergantung pada lokasi tersebut dilakukan.

Jika etika bisa mengikuti perkembangan, tidak halnya dengan moral yang bersifat mendasar dan lebih konsisten pada masyarakt tertentu. Karena penerapannya berdasarkan agama dan budaya yang ada, maka moral ini harus mengikuti segala jenis aturan yang ada.

  • Tentang Konflik

Konflik atau permasalahan juga bisa terjadi oleh 2 hal ini. Jenis konflik yang terjadi juga berbeda dalam bagaimana cara penerapannya dalam kehidupan. Terkadang nilai etika dan moral bisa saling bertentangan, itu bisa terlihat pada jenis kasus etika pada pengacara yang memiliki tugas membela tersangka. Tentu moral yang ada akan membantah adanya hal ini.


Sumber: https://www.makassartv.co.id/2020/04/28/banana-island-apk/

Anda mungkin juga suka...