Uncategorized

Penghitungan Pendapatan Nasional

Penghitungan Pendapatan Nasional

     Ada beberapa konsep dalam penghitungan pendapatan nasional diantaranya adalah:

  1. Cara perhitungan pertama yaitu cara pengeluaran
  2. Cara perhitungan kedua yaitu cara produk neto
  3. Cara perhitungan ketiga yaitu cara pendapatan

              Yang dimana cara perhitungan dengan cara pengleuaran iyalah, penghitungan pendapatan nasional dengan cara pengeluaran /perbelanjaan adalah cara yang paling penting. Hal ini disebabkan karena cara tersebut dapat memberikan keterangan-keterangan yang sangat berguna mengenai tingkat kegiataan ekonomi yang dicapai.

              Penghitungan pendapatan nasional dengan cara pengeluaran membedakan pengeluaran ke atas barang dan jasa yang dihasilkan dalam perekonomian kepada empat komponen,yaitu:

1)   Konsumsi Rumah Tangga

          Nilai perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga untuk membeli berbagai jenis kebutuhannya dalam satu tahun tertentu dinamakan pengeluaran konsumsi rumah tangga atau dalam analisis makroekoomi lebih lazim disebut sebagai konsumsi rumah tangga.

          Pendapatan yang diterima rumah tangga akan digunakan untuk membeli makanan, membeli pakaian, membiayai jasa pengangkutan, membayar pendidikan anak membayar sewa rumah dan membeli kenderaan. Barang-barang tersebut dibeli rumah tangga untuk memenuhi kebutuhannya, dan perbelanjaannya tersebut dinamakan konsumsi, yaitu membeli barang dan jasa untuk memuaskan keinginan memiliki dan menggunakan barang tersebut.

baca juga :

 

Anda mungkin juga suka...