Pendidikan

Pengertian Pendapatan Nasional

Pengertian Pendapatan Nasional

          Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) faktor-faktor produksi dalam satu priode, biasanya Selama satu tahun. Perhitungan tersebut berdasarkan anggapan bahwa  pendapatan nasional merupakan penjumlahan biaya hidup selama satu tahun.[1]

          Didalam seluruh teori ekonomi, barangkali pendapatan  nasional ini merupakan bagian hal yang paling menarik untuk dibicarakan. Pendapatan nasional sampai saat ini masih tetap dianggap orang sebagai pilar utama penyangga politik ekonomi. Artinya, kearah peningkatan pendapatan nasional itulah hampir semua kebijaksanaan dibidang perekonomian difokuskan.

          Kemahsyuran konsep pendapatan nasional ini tidaklah sesuai dengan kesederhanaan pengertian yang terkandung didalamnya. Sedemikian masyhur konsep pendapatan nasional itu sehingga setiap orang , bahkan yang tidak mengerti ilmu ekonomi sama sekalipun niscaya pernah mendengarnya, tetapi pengertiannya hanyalah sederhana saja, yakni pendapatan nasional tidak lebih daripda penjumlahan semua pendapatan individual.

          Orang tertarik untuk mengetahui pendapatan nasional bagi negaranya tidaklah baru-baru ini saja. Orang pertama yang berusaha untuk mengetahui pendapatan nasional negaranya adalah SIN WILLIAM PETTY, menaksirkan pendapatan nasional inggris sebesar 40 juta pound. Perhitungan petty itu didasarkan kepada anggapanyya bahwa pendapatan nasional merupakan penjumlahan biaya hidup (yakni yang dewasa ini lazim kita sebut sebagai konsumsi) selama setahun.

          Para ahli ekonomi modern kurang menyepakati pedapat petty itu. Menurut pandangan ilmu ekonomi yang lebih baru, konsumsi bukanlah satu-satunya unsure didalam pendapatan nasional, sedangkan pendapatan nasional itu sendiri bukanlah pokok pangkal semua konsepsi pendapatan nasional. Para ahli ekonomi modern lebih menyukai Produk Nasional Bruto (Gross National Produk–GNP) sebagai alat pengukurpokok kegiatan perekonomian. Akan tetapi apakah GNP itu?

          Alat pengukur yang paling menyeluruh bagi output nasional  adalah GNP, yang perdefenisi adalah sebagai berikut. Produk nasional bruto atau GNP adalah nilai semua barang dan jasa yang selama setahun dihasilkan oleh bangsa yang bersangkutan, diukur menurut harga pasar.[2]

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...