Pengertian Infrastruktur
Pendidikan

Pengertian Infrastruktur

Pengertian Infrastruktur

Pengertian Infrastruktur

Arti kata infrastruktur adalah “Prasarana”

sedangkan Pengertian Infrastruktur, menurut American Public Works Association (Stone,1974 dalam Kodoatie, R.J.,2005) infrastruktur adalah fasilitas-fasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk fungsi-fungsi pemerintahan dalam penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan pelayanan-pelayanan similar untuk memfasilitasi tujuan-tujuan sosial dan ekonomi. Berdasarkan pengertian infrastruktur tersebut maka infrastruktur merupakan sistem fisik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi.


Secara teknik, pengertian infrastruktur dijelaskan sebagai aset fisik yang dirancang dalam sistem sehingga memberikan pelayanan publik yang penting. Oleh karena itu, infrastruktur merupakan bagian-bagian berupa sarana dan prasarana (jaringan) yang tidak terpisahkan satu sama lain yang didefinisikan dalam suatu sistem.


Sementara itu infrastruktur yang bersifat “lunak” adalah segala hal (fisik, lembaga dan system) yang dibutuhkan untuk mempertahankan standar ekonomi, kesehatan dan sosial budaya dari sebuah peradaban. Contoh dari infrastruktur lunak ini adalah sistem keuangan dan perbankan, sistem pendidikan, sistem kesehatan, pemerintah, hukum dan regulasi serta sektor jasa lainnya termasuk penyedia akses internet dan telekomunikasi.


Baca Juga :

Anda mungkin juga suka...