Menurut Kamus Besar Etika adalah
Pendidikan

Menurut Kamus Besar Etika adalah

Menurut Kamus Besar Etika adalah

Menurut Kamus Besar Etika adalah
Menurut Kamus Besar Etika adalah

– Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
– Kumpulan asas/nilai yang berkenaan dengan akhlak

– Nilai mengenai yang benar dan salah yang dianut masyarakat.

Etika terbagi atas dua :

Etika umum ialah etika yang membahas tentang kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia itu bertindak secara etis. Etika inilah yang dijadikan dasar dan pegangan manusia untuk bertindak dan digunakan sebagai tolok ukur penilaian baik buruknya suatu tindakan.
Etika khusus ialah penerapan moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus misalnya olah raga, bisnis, atau profesi tertentu. Dari sinilah nanti akan lahir etika bisnis dan etika profesi (wartawan, dokter, hakim, pustakawan, dan lainnya).

Jika etika semakin dijunjung dalam suatu negara maka pasti angka kriminalitas menurun. Negara akan semakin sejahtera. Sebaliknya kita tidak bisa membayangkan bagaimana kekacauan akan terjadi jika etika tidak diindahkan lagi.Pasti dunia akan dipenuhi berbagai pelanggaran dan tentu kriminalitas meningkat. Tentu polisi akan bekerja lebih keras jika kriminalitas meningkat, mereka pasti tidak akan bisa tidur nyenyak. Anggaran negara pun pasti akan semakin besar jika masyarakat tidak lagi mengindahkan etika. Masalah korupsi, mafia hukum, percekcokan politik, pelanggaran HAM, pornografi, semua itu adalah akibat dari merosotnya kemauan masyarakat dalam mengindahkan dan menjunjung etika. Melalui satu masalah korupsi saja kita sudah dibuat sangat hancur. Uang negara yang seharusnya diarahkan ke rakyat miskin malah disalah gunakan.

Sumber : https://balikpapanstore.id/

Anda mungkin juga suka...