Pendidikan

Media Telekomunikasi

Media Telekomunikasi

Mencakup kabel berpasangan, kabel sudut ganda, dan kabel serat optik, yang semuanya secara fisik menghubungkan alat-alat didalam jaringan.

  • Kabel berpasangan adalah kabel telepon umum, yang terdiri dari kabel tembaga yang dipilin berpasangan (kabel perpasangan) adalah media telekomunikasi yang paling banyak digunakan.
  • Kabel Koaksial terdiri dari kabel aluminium atau tembaga yang kuat dan dibungkus dengan pembatas yang berfungsi sebagai insulator dan pelindung. Insulasi dan penutup kabel meminimalkan gangguan terhadap sinyal yang dibawa oleh kabel.
  • Kabel serat optik menggunakan kabel yang terdiri dari satu atau beberapa kawat pijar yang setipis rambut dari serat kaca yang dibungkus dengan jaket pelindung.

Ø Teknologi Nirkabel

Mengandalkan gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, dan pulsa cahaya untuk mengirim komunikasi digital tanpa kabel antar peralatan komunikasi.

  • Gelombang Mikro Teristerial: Melibatkan sistem gelombang mikro yang terikat pada bumi yang mengirim sinyal radio kecepatan tinggi dalam jalur antar stasiun penerima yang terletak sekitar 30 mil.
  • Satelit Komunikasi: Menggunakan radio gelombang pendek sebagai medium telekomunikasi. Umumnya komunikasi yang mengorbit jauh dari permukaan bumi, ditempatkan di orbit geosinkronis yang terletak sekitar 22.000 mil diatas garis khatulistiwa.
  • Sistem PCS dan Selular: Sistem penyeranta, telepon PCS dan selular menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Akan tetapi, semuanya membagi area geografis menjadi beberapa area kecil, atau sel (cell), area umumnya dari satu hingga beberapa mil persegi.
  • LAN Nirkabel, Contohnya teknologi radio frekuensi tinggi yang salam dengan selular digital, dan teknologi radio frekuensi rendah yang disebut spektrum sebar (spread spectrum).
  • Web Nirkabel: Akses nirkabel ke internet, intranet dan ekstranet tumbuh seiring dengan semakin banyaknya peralatan berbasis Web.

sumber :

https://aidbnew.org/comix-zone-classic-apk/

Anda mungkin juga suka...