Pendidikan

Media pembelajaran

Media pembelajaran

              Dalam perkembangan zaman dan teknologi sungguh sangat mempengaruhi dalam dunia pendidikan. Banyak media-media pembelajaran yang ada sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam proses belajar.

              Menurut nursalam (2008) penetapan pemilihan metode yang tepat seharusnya mempertimbangkan aspek yang ingin dicapai,yaitu mengacu pada garis besar program pembelajaran yang dibagai menjadi dua jenis :

  1. Proses pembelajaran mampu mendorong peserta didik menata dan mengisi pengalaman baru dengan berpedoman pada masa lalu yang pernah dialami. Contoh: latihan tanya jawab,wawancara, konsultasi, latihan kepekaan dll.
  2. Proses pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan transfer pengetahuan   baru,pengalaman baru, dan ketrampilan baru sehingga dapat mendorong masing-masing meraih semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya, apa yang menjadi kebutuhannaya, serta keterampilan yang diperlukan. Contoh: belajar menggunakan komputer.

              Dengan menggunakan media pembelajaran yang ada sekarang tentunya tingkat pemahaman dan proses pembelajaran akan materi yang di sampaikan akan meningkat. Salah satunya kita dapat menggunakan sarana pemanfaatan komputer dan internet dengan mengakses situs-situs pembelajaran guna menambah wawasan yang luas dan membuka cakrawala ilmu. Banyak sekali media pembalajaran online untuk menambah wawasan pelajar,misalnya: blog,e-learning serta youtube.

              Dengan banyaknya media pembelajaran online di harapkan para pengajar mampu untuk memanfaatkan media pembelajaran tersebut dan juga mengembangakan kreatifitas para pelajar.

  1. Pengenalan YouTube

              Seiring perkembangan zaman yang membuat terjadinya persaingan dari segi teknologi informasi. Youtube hadir dengan segala kemudahan-kemudahan yang di berikan. Youtube merupakan media sosial untuk sharing video online yang terbesar dan terkenal di dunia internet sampai saat ini. Youtube didirikan pada februari 2005. Pengguna media sharing video  ini tersebar di seluruh dunia dari berbagai kalangan usia.

              YouTube adalah layanan video-sharing yang memungkinkan pengguna untuk mengirim video pribadi yang dikembangkan, dari animasi untuk rekaman pribadi,dan berbagai video pembelajaran yang dapat kita dapatkan disana. YouTube adalah aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan membentuk masyarakat di sekitar konten mereka. Selain itu kita juga dapat menonton dan berbagi video secara gratis.

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...