Pendidikan

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia dan kebudayaan termasuk suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Manusia bisa menciptakan kebudayaan dan melestarikannya secara turun temurun. Budaya tercipta  dari kegiatan dan kejadian sehari-hari. Manusia berperan penting dalam menciptakan budayanya sendiri. Dengan demikian, kebudayaan menyangkut segala macam aspek kehidupan manusia dalam segi material dan non material. Menurut J.J. Honigman budaya terbagi menjadi tiga wujud yaitu ideas, activities, dan artefact.

  1. Kebudayaan dalam wujud ideas

Kebudayaan dalam wujud ideas

adalah kebudayaan yang bersifat abstrak (tidak dapat dilihat, diraba, dan difoto), kebudayaan ini adanya dalam pikiran kita yang bersangkutan pada pola hidup.  Kebudayaan ini mengarah pada tindakan-tindakan yang berpola dalam masyarakat sebagai sopan santun. Kebudayaan yang biasa disebut dengan adat istiadat, contohnya mitos.

  1. Kebudayaan dalam wujud activities

Kebudayaan dalam wujud activities merupakan kebudaya yang bersifat konkret, dalam bentuk perilaku dan bahasa. Kebudayaan mempunyai sistem sosial yang menyangkut tindakan, kelakuan pola pikir dari manusia itu sendiri, dan bisa diobservasi, didokumentasikan dalam sistem sosial karena sistem sosial terdapat aktivitas, interaksi yang berhubungan dengan masyarakat.

  1. Kebudayaan dalam wujud artefact

Kebudayaan ini kebudayaan yang berbentuk fisik, kebudayaan yang hasil karya manusia seperti benda-benda yang dapat dilihat, diraba, dan difoto dalam bentuk kecil maupun besar, contohnya : candi, kain batik, dan lain-lain.

Jadi kebudayaan itu bersifat abstrak dan konkret dalam perilaku, bahasa serta materi. Kebudayaan sangat berhubungan dengan perilaku, tindakan, pola pikir manusia dalam hidup dan dapat mengendalikan perbuatannya dalam berinteraksi dengan masyarakat yang baik dan sopan. Kebudayaan disetiap masyarakat sangatlah berbeda sama halnya dengan kebudayaan di Indonesia yang memiliki ragam suku bangsa yang berbeda tetapi setiap kebudayaan mempunyai ciri atau sifat yang sama tanpa membedakan faktor ras. Sifat-sifat kebudayaan tersebut sebagai berikut:

  1. Budaya disalurkan dari perilaku manusia
  2. Budaya bersifat kekal
  3. Budaya diwujudkan dalam bentuk perilaku
  4. Budaya termasuk aturan-aturan yang dapat diterima dan ditolak dan bisa menjadi sebuah kewajiban.

sumber :
https://essayagency417.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...