Manfaat Wudhu bagi kesehtan
Agama

Manfaat Wudhu bagi kesehtan

Manfaat Wudhu bagi kesehtan

Manfaat Wudhu bagi kesehtan
Manfaat Wudhu bagi kesehtan

DAPAT MEREDAKAN AMARAH

Rosulullah SAW Bersabda:”Marah itu bersumber dari setan, setan itu di ciptakan dari api, sedangkan api dapat dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, bila seseorang dari kalian marah, maka hendak nya dia memadamkannya dengan wudu. (HR. Ahmad)”.

Jika kamu dalam keadaan hendak merasa marah dan tidak mampu mengendalikannya maka jalan terbaik untuk meredam amarah mu adalah dengan berwudu. Selain itu wudhu dapat menghilangkan hati kita yang dilanda lelah maupun cemas. Karena kesegaran air wudhu mampu menenangkan pikiran kita sobat.

Bukan hanya itu marah adalah hal yang disukai setan. Setan itu terbuat dari api maka api dapat di padamkan dengan air. Jika hendak marah maka kamu dapat mengatasi nya dengan berwudu. Pastinya setan-setan jahat yang ada di sekitar kita akan segera hilang dan marah kita akan segera redam.

WAJAH AKAN SEALALU TAMPAK BERCAHAYA

Saat kita melakukan wudhu secara tidak langsung kita melalkukan perawatan wajah. membasuh air ke muka kita dengan air wudhu bisa membersihkan kotoran-kotoran yang dapat membuat wajah kita kusam dan kotor, tidak hanya itu saja. gerakan kita saat mengusap wajah sam dengan memijat dan melemaskan otot-otot wajah, sehingga otot wajah tidak seallu tegang dang akan membuat wajah lebih kenacng dan tampak segar. tak hanya tampak menawan saat di dunia saja, tetapi di akhirat wajah kita akan terlihat bersinar juga, siapa yang tidak menginginkan wajahnya bersinar?. nah jika sobat ingin demikian maka caranya sering-sering lah berwudhu.

” Sungguh umat ku akan di seru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya, karena bekas wudu nya ( Abu Hurairah menambahkan), maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar dalam tubuhnya maka lakukanlah.” (HR. Bukhari-Muslim).

DAPAT MENGHAPUS DOSA-DOSA KECIL

Wudhu juga dapat menghapus dosa-dosa kecil, karena wudhu adalah langkah mensicikan diri, air yang kita gunakan untuk membersikan kulit kita saat wudhu itulah yang dapt menghapuskan dosa kecil kita. Rosulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang berwudu dengan membaguskan wudhu nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai kuku-kuku jemarinya.” (HR. Muslim).

Nah tunggu apalagi . masih fikir-fikir untuk melakukan wudhu tiap saat kita hadas.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/doa-sebelum-belajar/

DI CINTAI ALLAH DAN DI DOAKAN MALAIKAT

Wudhu juga membuat kita di cintai allah dan di doakan malaikat. bahkat saat kita tidur malaikat-malaikat akan senantiasa menjaga kita. Rosulullah SAW bersabda:

barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka malaikat akan senantiasa mengikutinya, lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat itu akan berucap Ya Alloh ampunilah hamba Mu. Karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a).

MENYEGARKAN HATI DAN FIKIRAN

Berwudhu dapat menyegarkan hati dan pikiran kita. Kesegaran air dalam berwudhu membuat pikiran rileks dan kembali segar. Gerakan-gerakan dalam berwudhu juga mampu menghilangkan kelelahan kita. Karena gerakan-gerakan dalam berwudhu seperti membasuh wajah, tangan telinga, dan sebagainya mampu memberi relaksasi terhadap otot-otot kita yang lelah. Kesegaran air di setip basuhan berwudhu akan membersihkan kita dan membuat kita semakin segar dan ringan. Debu serta kotoran yang menempel hilang, lelah dan capek hilang dan kamu dapat kembli memulai aktivitas dengan tubuh yang segar dengan cara rajin berwudhu.

Anda mungkin juga suka...