Pendidikan

Konsep Sistem Informasi Akuntansi

Konsep Sistem Informasi Akuntansi

Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis dan ruang lingkupnya nanum pada akhir nya tetap akan mengarah kepada tujuan utamanya yaituuntuk memperoleh keuntungan. Untuk mencapai tujuan seperti seorang pemimpin harus mengambi keputusan yang tepat diantara alternatif yang akan diproses. Pengambilan keputusan manajemen membutuhkan informasi yang handal mengenai apa yang terjadi di dalam perusahaan. Informasi tersebut dapat dipenuhi dengan adanya sistem informasi akuntansi yang telah dirancang dan direncakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk memahami lebih lanjut tentang Sistem

Informasi Akuntansi, berikut ini akan diuraikan defenisi sistem informasi menurut pendapat para ahli:[8]

Menurut Priantharh. B. T, Sistem adalah suatau kerangka dari prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh untuk melaksakan suatu kegiatan aatu fungsi utama dari perusahaan. Sistem ini mepunyai jaringan dan prosedur yang disusun dalam rangkaian secara menyeluruh, untuk melaksanakan sebagai kegiatan atau fungsi pokok dalam suatu badan usaha.

     Informasi Akuntansi sebagai garis besar dapat digambarkan sebagai rangkaian aktifitas yang menggambarkan pemrosesan data-data dari aktifitas bisnis pengelolahan data keuangan perusahaan dengan menggunakan sistem informasi komputer yang terintegrasi secara harmonis. Menurut Puspitawati, Anggadini Sistem informasi akuntansi dapat didefenisilan sebagai sistem informasi sebagai suatu sistem yang berfungsi untuk mengordinasikan formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan untuk menghasilkan informasi keungan yang dibutuhkan dalam pembuatan keputusan manajemen dan pimpinan perusahaan dan dapat memudahkan pengelolaan perusahaan.

Sistem Informasi Akuntasi adalah komponen organisasi yang dirancang untuk mengolah data keuangan menjadi informasi atau laporan keuangan, yang ditujukan kepada pihak internal maupun eksternal perusahan. Data  dapat diolah menjadi informasi dengan cara manual maupun dengan bantuan komputer.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...