Pendidikan

Hypomenorea

Hypomenorea

Hypomenorea merupakan suatu keadaan dimana perdarahan haid lebih pendek atau lebih kurang dari biasanya. Lama perdarahan secara normal haid sudah terhenti dalam 7 hari. Kalau haid lebih lama dari 7 hari maka daya regenerasi selaput lendir kurang. Misal pada endometritis, mioma.

3.5.11         Oligomenorea

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana haid jarang terjadi dan siklusnya panjang lebih dari 35 hari. Oligomenorea disebabkan oleh perpanjangan stadium folikuler (lamanya 8-9 hari dimulai dari hari ke-5 menstruasi), perpanjangan stadium luteal (lamanya 15-18 hari setelah ovulasi). Tanda dan Gejala dari oligomenorea adalah haid jarang, yaitu setiap 35 hari sekali, perdarahan haid biasanya berkurang.

3.5.12         Polimenorea

Polimenorea merupakan suatu keadaan dimana haid sering terjadi karena siklus yang pendek kurang dari 21 hari. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan hormonal yang mengakibatkan gangguan ovulasi atau masa subur, kelainan ovarium karena peradangan, endometriosis.

3.5.13         Metrorrhagia

Metrorrhagia merupakan suatu keadaan dimana perdarahan yang tidak teratur dan tidak ada hubungannya dengan masa haid karena terjadi diantara dua haid. Metrorrhagia dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Disebabkan oleh kehamilan seperti : abortus, kehamilan ektopik
  2. Metrorrhagia di luar kehamilan:
  3. Karena luka yang tidak sembuh :

1)   Pada wanita menopause, wanita tanpa anak

2)   Pada wanita yang mempunyai anak banyak

  1. Peradangan endometritis
  2. Pengaruh hormonal

sumber :

Anda mungkin juga suka...