Pendidikan

  Hubungan antara Pendidikan dan Teknologi

  Hubungan antara Pendidikan dan Teknologi

Terdapat hubungan yang erat antara pendidikan dengan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Ilmu pengetahuan merupakan eksplorasi secara sistem dan terorganisasi mengenai alam semesta, dan teknologi adalah penerapan yang direncanakan dari ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bermasyarakat.

Sebagai contoh betapa eratnya hubungan antara pendidikan dengan iptek itu, misalnya sering suatu teknologi baru yang digunakan dalam suatu proses produksi menimbulkan kondisi ekonomi sosial baru lantaran perubahan persyaratan kerja, dan mungkin juga penguraian jumlah tenaga kerja atau jam kerja, kebutuhan bahan-bahan baru, sistem pelayanan baru, sampai kepada berkembangnya gaya hidup baru, kondisi tersebut minimal dapat mempengaruhi perubahan isi pendidikan dan metodenya, bahkan mungkin rumusan baru tunjangan pendidikan, otomatis juga sarana penunjangnya seperti sarana laboratorium. [8]

Dari contoh di atas dapat dipahami bahwa pendidikan dan teknologi memiliki kaitan/hubungan yang sangat besar. Perubahan yang terjadi pada teknologi akan berpengaruh pada pendidikan, begitu sebaliknya.

  1. Pengaplikasian Teknologi dalam Pendidikan

Sebagaimana uraian di atas, pendidikan dan teknologi sangat berkaitan, dan saling berpengaruh. Teknologi bisa di aplikasikan dalam berbagai aspek pendidikan, sebagai contoh pengaplikasian ini adalah dalam aspek model pembelajaran adalah model pembelajaran e-learning yang mana sistem pendidikan dalam pembelajaran ini menggunakan teknologi modern yang berupa internet.

Proses pembelajaran yang dilakukan dengan  pendekatan e-learning tidak dapat disamakan dengan lembaga pendidikan pada umumnya, juga berbeda dengan pola pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan metode tatap muka. Proses pembelajaran e-learning adalah perpaduan antara metode tatap muka dengan metode on line (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya). Metode pembelajaran tradisional saat ini memerlukan sebuah perubahan dalam kaitannya dengan proses adaptif dan mempersiapkan para pesertadidik agar siap menjadi knowledge workers, di mana ilmu pengetahuan menjadi faktor yang sangat penting. Berdasarkan penelitian UNESCO dan World Bank bahwa pada Negara berkembang sangat diperlukan adanya perubahan pendekatan dan paradigm pembelajaran. Jika tidak demikian, Negara berkembang tidak akan mampu bersaing di era ekonomi yang berlandaskan ilmu pengetahuan (knowledge economic era). Era tersebut mengharuskan para pekerjanya secara cepat menemukan berbagai informasi yang diperlukan, menimbang dan mengevaluasi informasi tersebut agar memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan tidak biasa, serta menggunakan infoprmasi tersebut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.[9]

Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa model pembelajaran e-learning merupakan salah satu pengaplikasian teknologi dalam pendidikan.

Anda mungkin juga suka...