Pendidikan

Hipermenorea

Hipermenorea

Hipermenorea adalah perdarahan berkepanjangan atau berlebihan pada waktu menstruasi teratur. Bisa disebut juga dengan perdarahan  haid yang jumlahnya banyak hingga 6-7 hari, ganti pembalut 5-6 kali/hari tetapi masih memiliki siklus-siklus yang teratur. Pada hipermenore perdarahan menstruasi berat berlangsung sekitar 8-10 hari dengan kehilangan darah lebih dari 80ml. Gejala yang dapat timbul antara lain sakit kepala, kelemahan, kelelahan, kesemutan pada kaki dan tangan, meriang, penurunan konsentrasi.

3.5.4        Amenorea

Amenorea merupakan gejala atau keadaan klinis dengan ciri belum mendapatkan menstruasi atau terlambat menstruasi selam tiga bulan berturut-turut. Amenorea dapat dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Amenorea primer, terjadi apabila seseorang wanita belum pernah mendapat menstruasi dan tidak boleh didiagnosa sebelum pasien mencapai usia 18 tahun.
  2. Amenorea sekunder ialah hilangnya haid selama menarche.
  3. Amenorea yang normal hanya terjadi sebelum masa pubertas, selama kehamilan, selama menyusui dan setelah menapause.

3.5.5             Mittelschmerz

Mittelschmerz merupakan rasa nyeri yang terjadi saat ovulasi. Namun, hal ini jarang dirasakan oleh wanita.

3.5.6             Mastalgia

Mastalgia dapat ditandai dengan rasa berat dan bengkak pada payudara menjelang menstruasi. Hal ini dipengaruhi oleh estrogen yang menyebabkan retensio natrium dan air pada payudara.

3.5.7             Vicarious Menstruasi

Vicarious menstruasi merupakan perdarahan yang terjadi pada organ lainnya yang tidak ada hubungannya dengan endometrium. Pada organ tersebut dapat terjadi perdarahan sesuai dengan siklus menstruasi. Organ tersebut yaitu hidung menimbulkan epitaksis dan lambung.

3.5.8             Pseudomenorea

Pseudomenorea merupakan suatu keadaan haid tetapi darah haid tersebut tidak dapat keluar, karena tertutupnya leher rahim, vagina atau selaput darah.

  1. Tanda dan gejala:
  2.  Nyeri + 5 hari tanpa pendarahan
  3. Pada pemeriksaan terlihat sel darah menonjol berwarna kebiru-biruan karena adanya darah yang berkumpul dibelakangnya.

3.5.9             Menstruasi Praecox

Menstruasi praecox merupakan perdarahan pada anak muda kurang dari 8–10 tahun yang disertai dengan tumbuhnya rambut kelamin, pertumbuhan buah dada. Menstruasi praecox dibagii menjadi:

  1. Pubertas praecox yang disertai terbentuknya hormon gonadotropin dan dapat menimbulkan kehamilan.
  2. Pseudo pubertas praecox yaitu tidak adanya hormon gonadotropin.

sumber :

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/05/31/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...