Pendidikan

Fikih Khiyar Jual Beli

Fikih Khiyar Jual Beli

  1. Penetapan hak pilih di tempat bagi penjual dan pembeli, untuk dilakukan pengesahan jual-beli atau pembatalannya.
  2. Jika penjual dan pembeli sepakat untuk membatalkan akad setelah akad disepakatai dan sebelum berpisah, atau keduanya saling melakukan jual-beli tanpa menetapkan hak pilih bagi keduanya, maka akad itu dianggap sah, karena hak itu mennjadi milik merka berdua, bagaimana keduanya membuat kesepakatan, terserah kepada keduanya.
  3. (Keutamaan dan anjuran bersikap jujur) Jujur dalam muamalah dan menjelaskan keadaan barang dagangan merupakan sebab barakah di dunia dan di akhirat, sebagaimana dusta, bohong dan menutup nutupi cacat merupakan sebab hilangnya barakah. Hal ini dapat dirasakan secara nyata di dunia. Orang orang yang sukses dalam bisnisnya dan yang laku barang dagangannya ialah mereka yang jujur dalam muamalah yang baik.
  4. Jual beli dapat terjadi (sah) selama salah satu dari keduanya (baik pembeli maupun penjual) memberikan hak khiyarnya dan melakukan transaksi atas dasar pemberian hak khiyar tersebut.
  5. Jual beli juga dapat terjadi (sah) meskipun penjual dan pembeli berpisah asalkan kedua belah pihak (penjual dan pembeli) tidak mengurungkan jual beli. Khiyar di anggap telah terjadi.
  1. PENUTUP
  1.             Kesimpulan

            Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa jual beli itu diperbolehkan dalam Islam.Hal ini dikarenakan jual beli adalah sarana manusia dalam mencukupi kebutuhan mereka, dan menjalin silaturahmi antara mereka.Namun demikian, tidak semua jual beli diperbolehkan.Ada juga jual beli yang dilarang karena tidak memenuhi rukun atau syarat jual beli yang sudah disyariatkan. Rukun jual beli adalah adanya akad (ijab kabul), subjek akad dan objek akad yang kesemuanya mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi, dan itu semua telah dijelaskan di atas.Walaupun banyak perbedaan pendapat dari kalangan ulama dalam menentukan rukun dan syarat jual beli, namun pada intinya terdapat kesamaan, yang berbeda hanyalah perumusannya saja, tetapi inti dari rukun dan syaratnya hampir sama.

  1.             Saran

            Didalam makalah ini tidak banyak yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya dari pembaca makalah ini.makalah ini masih banyak kekurangan dan kelebihan karena seperti pepatah “tidak ada gading yang tak retak” begitu juga kami, kami sangat mengharapkan kritik dan sarannya dari pembaca agar menjadi yang lebih baik lagi untuk yang kedepan.

sumber ;
https://superhackemail.com/tahu-bulat-apk/

Anda mungkin juga suka...