Umum

Dehorning adalah

Dehorning adalah

Dehorning adalah penghilangan atau pemotongan tanduk. Dengan tujuan untuk menghindari bahaya penandukan terhadap peternak ataupun sesama ternak. Selain itu tujuan dilakukannya operasi adalah mengurangi cedera organ akibat terjadinya penandukan.

Bangsa sapi kebanyakan dipotong

Bangsa sapi kebanyakan dipotong tanduknya karena tidak menguntungkan peternak sapi, meskipun peternak ingin mempertahankan tanduk anak sapi jantan untuk kepentingan kerja atau kepentingan lain pada sapi dara.
Pemotongan tanduk paling baik dilakukan dengan membakar ujung tanduk ketika anak sapi berumur satu atau dua minggu, bisa juga dengan menggosok ujung tanduk dengan besi panas sampai hampir berdarah dengan menggunakan collodion atau dengan menggunakan silinder yang panas ditekankan untuk satu atau dua menit disekitar cincin kuncup tanduk.
Dalam penggunaan besi panas, perawatan harus dilakukan sedemikian rupa supaya anak sapi tidak membawa serbuk api kepada induk sapi pada waktu menyusu sehingga serbuk api tersebut tidak menyebar dari tempat pelaksanaan terutama masuk kemata. Ini mungkin terjadi apbila anak sapi terkena air hujan setelah penggunaan besi panas.
Pemotongan tanduk dengan arus listrik dapat juga digunakan pada sapi muda. Suatu cincin baja yang dipanaskan dengan listrik ditekankan pada dasar tanduk sehingga membakar jaringan disekitarnya dan menahan pertumbuhan tanduk.
Mereka yang berpengalaman apabila melakukan cara ini hanya mematikan sebagian saja dari dasar tanduk itu dan kemudian tanduk masih tumbuh dalam wujud deformasi yang disebut scur

Sapi yang berumur lebih tua pemotongan tanduknya harus dengan gergaji atau dengan alat pemotongan Barnes. Cara ini akan menyebabkan timbulnya pendarahan.

Sebenarnya banyak cara yang dipraktekkan untuk pemotongan tanduk sapi.
Suatu cara yang akan dipakai sangat tergantung pada umur sapi yang akan dihilangkan tanduknya serta pengalaman yang dipunyai oleh mereka yang akan melaksanakan pekerjaan itu.
Sapi muda sering dihilangkan tanduknya dengan menggunakan pasta kimia yang keras (Kalium atau Hidrokside), pasta kimia tersebut dioleskan diseputar pangkal tanduk ketika anak sapi berumur kurang dari satu minggu, sehingga mematikan pertumbuhan dan perkembangan tanduk tersebut.
Hewan sapi muda maupun dewasa memiliki metode dan teknik yang berbeda. Namun secara garis besar,metode yang digunakan pada operasi dehorning ada 4 jenis.
Cara atau metode yang pertama dalah dengan menggunakan metode bahan kimia. Kemudian dengan menggunakan metode besi panas. Selain itu dengan metode tabung,serta yang terahir adalah dengan menggunakan tang penjepit.

Anda mungkin juga suka...