Teknologi

Dassault Systemes ungkap tiga pilar industri digital berkelanjutan

Dassault Systemes ungkap tiga pilar industri digital berkelanjutan

Dassault Systemes ungkap tiga pilar industri digital berkelanjutan

Industri 4.0 merupakan babak baru dalam perkembangan manufaktur

berkelanjutan, diwujudkan melalui “pabrik cerdas” yang melibatkan sistem kerja digital meliputi internet untuk semua (IOT), komputasi awan (cloud), kecerdasan buatan, komputasi dan robot.

Guillaume Vendroux, CEO merek DELMIA dari Dassault Systemes, menjabarkan bahwa industri digital berkelanjutan tidak sepenuhnya memikirkan keuntungan, melainkan juga berfokus pada lingkungan dan pengembangan teknologi untuk keberlanjutan di masa depan.

Guillaume menyebutkan tiga pilar utama dalam menjalankan industri digital yang berkelanjutan, antara lain manusia (people), bumi (planet) dan laba (profit), yang ia sebut dengan P3.

“Kami dan semuanya harus tahu dan memahami tantangan ke depan. Kami dengan generasi kini punya masa depan. Sustainability akan menjadi poin di masa depan. Perusahaan akan berubah, tidak sekadar mengejar keuntungan,” kata Guillaume Vendroux pada pertemuan “Dassault Systemes: Manufacturing in the Age of Experience” di Shanghai, China, Rabu.

Guillaume menjelaskan bahwa manusia merupakan pilar pertama karena

berperan sebagai konseptor yang mengimajinasikan teknologi hingga jenis produk yang dihasilkan.

Untuk itu, sambung Guillaume, perusahaan harus dapat mengembangkan ide-ide dari para pegawainya dengan menyediakan tempat kerja yang bagus, menghargai gagasan, dan membangun budaya kerja transparan dan mengacu pada target.

Pilar kedua adalah planet, yang dapat diartikan dalam lingkup kecil

sebagai lingkungan tempat kerja maupun tempat tinggal.

“Tidak ada planet cadangan,” kata Guillaume, kemudian menambahkan bahwa perusahaan masa kini harus meninggalkan hal-hal yang dapat merusak lingkungan.

 

Baca Juga :

Anda mungkin juga suka...