Umum

Cor Truk Molen atau Manual

Cor Truk Molen atau Manual

Saya tertarik untuk menulis ini karena saya baru saja melihat salah satu proyek fisika yang sedang kami kerjakan. Ngomong-ngomong, proyek yang sedang kami kerjakan berdekatan dengan proyek tetangga, pengerjaan yang sedang berlangsung hampir bersamaan dengan pekerjaan di lantai beton.

Menariknya, ubin lantai kami dicetak dengan berbagai cara. Kami menggunakan truk Molen saat masih manual. Apa gerobak dan manual diecast?

Pelat lantai dalam hal ini adalah lantai gedung bertingkat. Pelat lantai pada bangunan tempat tinggal biasanya masih berupa beton bertulang. Beton dituangkan secara manual dari campuran cair, yang dituangkan dan dihaluskan ke seluruh ruangan. Ketebalan pelat lantai standar untuk bangunan bertingkat adalah 12 cm.

Misal, jika Anda berencana membangun rumah 2 lantai dengan luas 100 m2, maka total volume pelat lantai adalah 12 cm x 100 m2 = 12 m3. Volume ini tidak ditambahkan ke volume balok penyangga lantai. Berapa volume balok beton monolitik, tergantung pada desain strukturnya.

Untuk mendapatkan pelat beton yang berkualitas baik, penuangan harus dilakukan secepatnya agar seluruh area lantai dapat dituang secara bersamaan. Mengapa demikian? Sehingga beton mengering bersama dan berubah menjadi lempengan tunggal tanpa ada sambungan.

Pengecoran pelat beton bisa dilakukan dengan tangan menggunakan tenaga manusia. Dalam beberapa proyek, persiapan manual untuk pengecoran membutuhkan perhatian khusus. Pendistribusian beton yang masih cair (baru selesai pengadukan) dari lantai dasar dilakukan secara berlebihan, yang membutuhkan sistem yang efisien. Pada mixer lantai cor, lebih baik menggunakan mesin molen, sehingga daya pengadukan lebih baik dari pada mixer buatan manusia yang hanya menggunakan cangkul.

Saat mencampur beton dengan mesin Molen, dosis standar harus digunakan sesuai dengan persyaratan desain. Setelah tercampur rata, tuangkan beton cair ke tempatnya dan gunakan ember untuk mendistribusikannya ke lantai atas. Biasanya para pekerja berbaris dan membawa ember ke lantai atas. Dan tuan, yang terakhir menerima ember, akan menuangkan cairan pengecoran dan menghaluskannya.

Ada pilihan lain untuk pengecoran pelat lantai, yaitu dengan bantuan truk. Truk molen ini milik perusahaan jasa beton. Tinggal order luas berapa meter persegi dan kualitas beton yang diinginkan. Perusahaan nantinya akan mengirimkan pengecoran tersebut ke lokasi konstruksi menggunakan truk Molen. Pendorong diperlukan untuk mengangkut beton cair ke lantai atas. Dengan troli booster ini, kapasitas yang ditentukan hanya untuk memandu dan meratakan pipa outlet pengecoran.

Perbandingan pengecoran tangan yang signifikan menggunakan truk Molen meliputi:

Waktu
Menggunakan truk Molen menghemat waktu pemrosesan secara signifikan daripada menggunakan tenaga kerja manual. Berkat tenaga mesin tersebut, tidak perlu istirahat istirahat karena kelelahan. Selain itu, dengan bantuan mixer, perusahaan lebih cepat menyiapkan pengecoran beton. Kita tinggal konfirmasi waktu pengecoran yang diinginkan, truk akan sampai pada waktu yang ditentukan dengan jumlah beton yang kita pesan.
Buruh, kerja
Penggunaan truk Molen akan mengurangi jumlah pekerja di pengecoran. Karena di truk, beton cair bisa langsung naik ke lantai atas, memompanya. Kekuatan yang dibutuhkan adalah kekuatan untuk menyelaraskannya.
Harga
Secara nilai, harga beton cair dihitung per m3. Setiap perusahaan memiliki harganya sendiri. Harga juga berbeda untuk setiap kualitas beton yang kami pesan. Jika kita menggunakan truk molen maka ada biaya tambahan dibandingkan tenaga manual yaitu biaya sewa mesin pompa, serta mesin sortir beton cair. Tetapi jangan lupa bahwa ini akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dan lebih banyak waktu untuk digunakan, yang tentu saja akan memengaruhi biaya.
Kualitas pencampuran
Hal terpenting saat menggunakan truk molen adalah kualitas campuran. Campur dengan dosis terukur. Setiap beton cair yang diangkut dengan truk Molen memiliki campuran yang stabil dibandingkan dengan pencampuran manual. Hal ini tentunya sangat penting, karena beton dengan kualitas yang berbeda (terutama standar) akan sangat membahayakan struktur suatu bangunan.

Selain poin-poin pembanding di atas, ada poin penting yang harus kita perhatikan di awal, yaitu apakah lokasi proyek memungkinkan masuknya truk molen. Jika pendekatan ke lokasi kecil, maka pilihan menggunakan platform kargo harus dicoret.

Anda mungkin juga suka...