prakerja t
Teknologi Umum Uncategorized

Berapa Lama Waktu Proses Evaluasi Kartu Prakerja

Berapa Lama Waktu Proses Evaluasi Kartu Prakerja

Seperti yang telah kita ketahui Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan Warga Negara Indonesia yang belum mempunyai keterampilan. Kartu Pra Kerja di promosikan oleh Bapak Joko Widodo pada waktu kampanye  Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019, bersama KIP kuliah dan kartu sembako murah.
Kartu prakerja telah dibuka dari gelombang 1 hingga gelombang 3. Ketika admin melihat di Instagram pada akun @prakerja.go.id memberikan informasi untuk pendaftaran Kartu prakerja gelombang 4 sudah resmi di buka pada tanggal 8 Agustus 2020.
Berapa-Lama-Proses-Evaluasi-Kartu-Prakerja
Nah bagi kamu yang gagal mendaftar kartu prakerja gelombang 1 hingga gelombang 3, silahkan coba daftar kartu prakerja kembali pada gelombang ke 4. Untuk mengikuti program kartu prakerja kamu harus mempunyai akun, jadi silahkan buat dulu akun di laman www.prakerja.go.id, kemudian lengkapi data diri dan ikuti beberepa tes kartu prakerja. Kamu wajib tahu syarat daftar prakerja.

Syarat Daftar Prakerja

  • Warga Negara Indonesia
  • Telah berusia minimal 18 Tahun
  • Tidak sedang Sekolah /Kuliah

Cara Daftar Prakerja Gelombang 4

Cara daftar kartu prakerja gelombang 4 sama dengan cara pendaftaran kartu prakerja gelombang 1 hingga gelombang 3. Namun jika ada yang tidak tahu cara daftar kartu prakerja gelombang 4 atau lupa cara mendaftar di www.prakerja.go.id ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengingatkan kembali langkahnya.

Membuat Akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

  • Buka situs  www.prakerja.go.id
  • Lalu pilih menu ” Daftar Sekarang
  • Jika kamu memerlukan bantuan atau panduan pendaftaran, silahkan klik menu ” Cara Daftar
  • Isi Alamat Email yang masih aktif
  • Buat Password Akun prakerja
  • Konfirmasi ulang Password Kartu prakerja
  • Centang “saya menyetujui syarat dan ketentuan”
  • Klik “Daftar
  • Buka email yang kamu daftarkan untuk verifikasi akun
  • Setelah verifikasi akun kartu prakerja berhasil, kembali lagi pada laman situs prakerja

Lengkapi Data Diri Kartu Prakerja

Setelah proses membuat akun kartu prakerja telah selesai di www.prakerja.go.id, selanjutnya mengisi data diri dengan lengkap dan benar, pastikan semua data-data yang diminta kamu isi. Jangan ada kolom yang kosong. Sebelum kamu klik “Lanjutkan”, sebaiknya cek kembali data-data yang telah kamu isi untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Mengikuti Tes Kartu Prakerja

Setelah berhasil membuat akun kartu prakerja dan mengisi data diri, kamu akan melalui dan menyelesaikan tahap Tes. Ada beberapa tes kartu prakerja yang harus kamu selesaikan yaitu
  • Mengikiti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan waktu lebih kurang sekitar 15 menit
  • Sediakan alat tulis jika diperlukan untuk membantu menyelesaikan tes
  • Jika telah menyelesaikan tes, tunggu konfirmasi pemberitahuan via Email
  • Silahkan gabung ke gelombang kartu prakerja bila selesai mengikuti tes dan sudah mendapatkan Email konfirmasi.

Berapa Lama Waktu Proses Evaluasi Kartu Prakerja

Terkait postingan yang admin pantau di akun instagram yaitu @prakerja.go.id tentang informasi pembukaan kartu prakerja gelombang 4. Banyak peserta kartu prakerja yang telah mendaftar sebelumnya menanyakan lama waktu evaluasi kartu prakerja. Seperti yang ditanyakan oleh pengguna instagram dengan akun
Pertanyaan Peserta:
@rmagusdhianto: Berapa lama prakerja ini mengevaluasi, sudah registrasi tapi evaluasi terus ya.

Jawaban Admin @prakerja.go.id: 

@prakerja.go.id: silahkan dapat ditunggu ya,proses evaluasi membutuhkan waktu mengingat animo yang tinggi, terima kasih sudah mau bersabar”

Pertanyaan peserta: 

@andreanhendriyanto: Min insentif tahap 4 apakah ada penundaan lagi? sampai kapan min?

Jawaban Admin @prakerja.go.id:

@prakerja.go.id: mohon dapat ditunggu, proses pencairan insentif terus dilakukan setiap hari kerja. Terima kasih sudah mau bersabar menunggu.

kutipan dari situs kompas.com yang tayang pada 02/06/2020, 07:07 WIB dengan link artikel

https://money.kompas.com/read/2020/06/02/070700626/pemerintah-evaluasi-kartu-prakerja-bagaimana-nasib-pendaftaran-gelombang-4-?page=all”

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana “Panji Winanteya Ruky” menyebutkan, Komite Prakerja masih dalam proses melakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai pelaksanaan kartu prakerja”

Panji mengatakan ada banyak aspek yang di evaluasi oleh komite prakerja, meliputi proses verifikasi data peserta, kelompok yang diprioritaskan, juga beberapa masalah terkait proses pendaftaran. Kemudian panji juga mengatakan evaluasi juga dilakukan untuk proses penyelesaian backlog untuk rekonsiliasi dan setelmen dari penggunaan bantuan pelatihan oleh peserta dilembaga pelatihan.

Oleh karena itu, Sebaiknya kita menunggu informasi selanjutnya dari pihak prakerja terkait proses evaluasi yang sedang terjadi, kita doakan semoga proses evaluasi kartu prakerja cepat selesai sehingga proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan insentif program kartu prakerja bisa cair dengan cepat (Bagi yang belum menerima insentif prakerja).

Cara Mengatasi Verifikasi Kartu Prakerja Tidak Masuk Ke Email

Ada sebagian peserta kartu prakerja yang mengalami kendala pada saat pendaftaran yaitu tidak menerima email verifikasi pendaftaran. Setelah kamu selesai membuat akun kartu prakerja dan mengisi data diri dengan lengkap dan benar, pastikan kamu menerima email verifikasi akun. Verifikasi pendaftaran akun prakerja akan masuk ke email yang kamu daftarkan.
Lalu bagaimana jika tidak menerima email verifikasi pendaftaran, sedangkan informasi pada laman prakerja email verifikasi sudah terkirim. Solusinya coba kamu cek email secara berkala, jika menggunakan smartphone untuk mengakses www.prakerja.go.id, artinya kamu menggunakan paket data untuk terhubung dengan internet agar dapat mengakses situs prakerja, jadi cek kondisi sinyal pada ponsel kamu, pastikan sisa kuota internet masih ada. Jika sinyal bagus, kuota masih banyak namun tidak ada email masuk terkait verifikasi pendaftaran akun prakerja.
Silahkan coba cek inbox Sp*m pada email kamu, terkadang ada juga sebagian email yang masuk pada kotak sp*m. seperti ada yang menanyakan lewat instagram kepada akun prakerja
Pertanyaan dari pemilik akun @syiefatrimuthi23 : aku mau daftar, pas daftar minta verifikasi email, tapi gak muncul di email bagaimana kak, tolong bantu

 “Jawaban dari admin @prakerja.go.id: sudah cek inbox sp*m?

Jadi bila peserta yang belum mendapatkan email verifikasi pendaftaran akun prakerja bisa lansung cek email secara berkala dan cek juga pada inbox spa*m untuk memeriksa email verifikasi pendafaran. Kemudian untuk mengatasi gagal daftar Kartu prakerja pastikan kamu menggunakan data yang benar seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), pastikan kamu menggunakan nomor KK yang terbaru.

Itulah yang dapat admin tulis dalam artikel ini semoga bermanfaat. Untuk informasi lengkap dan jelas silahkan baca lansung di situs www.prakerja.go.id atau instagram @prakerja.go.id.  Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak disengaja.

Anda mungkin juga suka...