Pendidikan

Bagian-Bagian Bumi

Bagian-Bagian Bumi

  1. Atmosfer (Lapisan Udara)

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara, sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin.

Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi. Fungsi atmosfer antara lain :

  1. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari.
  2. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi
  3. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida.
  4. Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi.

Peran atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. Apabila tidak ada lapian atmosfer, suhu permukaan bumi bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup, termasuk manusia.

Berdasarkan perbedaan suhu vertikal, atmosfer bumi dapat dibagi menjadi lima lapisan, yaitu :

  1. Troposfer

Lapisan atmosfer paling bawah, memiliki temperatur lebih rendah dan ada pembentukan awan, hujan, dan badai guruh. Lapisan troposfer berubah-ubah, lebih dari 80% massa atmosfer terletak pada lapisan ini.

  1. Stratosfer

Lapisan atas troposfer, memiliki temperatur suhu lebih tinggi daripada suhu troposfer dan memiliki lapisan ozon. Lapisan ini berlapis, terdapat pencampuran vertikal yang sangat lemah. Badai guruh yang arus udara keatasnya sangat besar dapat menembus beberapa kilometer ke dalam stratosfer bawah.

  1. Mesosfer

Lapisan tengah atmosfer dan memiliki penurunan suhu dengan ketinggian dan gerakan udara vertikal tidak dihalangi secara kuat.

  1. Lapisan Termosfer

Lapisan paling atas atmosfer dengan suhu sampai ribuan derajat celcius (400-2000oC).

 

Sumber :

https://mlwcards.com/facebook-beri-tahu-pengguna-saat-foto-mereka-muncul/

Anda mungkin juga suka...