Macam-macam Analisis Data

Macam-macam Analisis Data

Macam-macam Analisis Data

Macam-macam Analisis Data
Macam-macam Analisis Data

Dalam menganalisis data ada dua macam yakni dengan berdasarkan metode pengolahannya dan alanisis data dengan berdasar jumlah variabel

1. Macam-macam analisi data berdasarkan metode pengolahannya

di bagi menjadi 2 yaitu : Analisis Deskriptif, yaitu berusaha untuk menggambarkan banyak sekali krakteristik data yang berasal dari suatu sampel. Statistik deskriptif ibarat mean, median, modus, presentil, desil, quartile, dalam bentuk analisis angka atau gambar/diagram. Dalam analisis deskriptif di olah pervariabel.
Analisis Infarensi, yaitu statistik inferensial berusaha membuat inferensial terhadap sekumpulan data yang berasal dari suatu sampel. Tindakan ibferensial tersebut ibarat melaksanakan perkiraan, peramalan, pengambilan keputusan dari dua variabel atau lebih. Dalam analisis inferensial yang di olah yaitu dua variabel atau lebih yang di adukan, contohnya analisis hubungan, pengaruh, perbedaan variabel atau lebih.

2. Macam-macam analisis data berdasarkan jumlah variabelnya

yang ternagi menjadi 3(tiga) yaitu :
Analisis univariat, yaitu analisis yang dilakukan menganilisis tiap variabel dari hasil penelitian. Analisis univariat berfungsi untuk meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berkembang menjadi gosip yang berguna, dan pengolajan datanya spesialuntuk satu variabel saja, sehingga dinamakan univariat. Yang termasuk analisis univariat yaitu statistik deskriptif. Dalam data analisis deskriptif data sanggup diringkas berupa ukuran statistik (mean, median, modus), tabel, grafik. Analisis univariat dilakukan masing-masing variabel yang teliti.
Analisa bivariat, yaitu analisa yang dilakukan lebih dari dua variabel. Analisa bevariat berfungsi untuk mengetahui korelasi antara variabel. 2 variabel diadu, contohnya dengan mencari korelasi antara variabel x1 dengan x2, mencari imbas antara variabel x dengan variabel y, mencari perbedaan antara variabel x dengan z. misal macam-macam analisis bivariat sebagai diberikut :
Analisis korelasi dengan memakai korelasi chisquare
Analisis imbas dengan memakai regresi sederhana
Analisis perebedaan dengan memakai independent sampel t test. one sampel t test
Analisa multivariate, yaitu analisa metode statistik yang memungkinkan kita melaksanakan penelitian terhadap lebih dari dua variabel secara bersamaan. melaluiataubersamaini memakai tekhik analisis ini maka sanggup menganilisis imbas beberapa variabel terhadap variabel-variabel lainnya dalam waktu yang bersamaan

Baca Juga: