Mobil Dinas Obama

Mobil Dinas Obama

Mobil Dinas Obama

Mobil Dinas Obama
Mobil Dinas Obama

Seperti halnya para pejabat di Indonesia, ketika baru saja memangku suatu jabatan tertentu biasanya suka diberi fasilitas kendaraan dinas (bahkan ada yang sengaja memintanya).

Obama, setelah selesai dilantik sebagai Presiden Amerika ke-44, dia langsung mendapatkan fasilitas sebuah mobil limousine, yang dikenal dengan sebutan Cadillac One.

 

Mobil ini akan digunakan untuk kepentingan perjalanan dinas di dalam maupun di luar negeri. Cadillac One merupakan perpaduan model cadillac limousine dengan truk GMC, yang dirancang oleh General Motor (GM) dengan menggunakan teknologi tinggi terutama untuk kepentingan keamanan sang presiden.

Mobil mewah ini berkapasitas untuk tujuh orang penumpang, termasuk presiden. Menggunakan ban tipe pneumatic yang dirancang tahan bocor, dengan roda yang terbuat dari baja khusus yang mampu tetap melaju tanpa ban terpasang. Panel-penel terbuat dari bahan-bahan yang amat keras, perpaduan unsur titanium, alumunium dan keramik, sehingga tahan peluru. Pintu berlapis baja setebal 8 inches, dengan bobot setara pintu kabin pada Boeing 757, yang tidak akan tembus oleh ledakan granat sekali pun. Di dalamnya dilengkapi pula, senjata tembak, meriam gas air mata, kamera malam hari, dan aneka fasilitas lainnya.

Pokoke Mak Nyusss…pasti akan membuat para pejabat dan anggota DPR kita tergiur melihatnya, dan mungkin terlintas dalam pikirannya untuk memperoleh jatah kendaraan dinas seperti ini. Biasanya dengan dalih untuk kepentingan perjalanan dinas, misalnya untuk mengantar anak ke sekolah, mengantar ibu pergi ke pasar, melihat proyek di lapangan, atau mungkin juga untuk sekedar pelesiran.