Chicago Bulls Kalah, Pelatih Dipecat

Chicago Bulls Kalah, Pelatih Dipecat

Chicago Bulls Kalah, Pelatih Dipecat

Chicago Bulls Kalah, Pelatih Dipecat
Chicago Bulls Kalah, Pelatih Dipecat
Kegagalan Chicago Bulls lolos dari babak pertama playoff NBA tahun ini diikuti dengan kabar pemecatan pelatihnya, Vinny Del Negro. Tapi buruknya prestasi bukan jadi alasan tunggal.
ESPN yang mengutip sejumlah sumber di dalam kubu Bulls mewartakan bahwa pemilik enam gelar juara NBA itu akan melepas Del Negro yang sebenarnya masih punya kontrak satu tahun lagi dengan nilai 2 juta dolar AS.
Tanda-tanda pemecatan Del Negro muncul setelah General Manager Bulls Gar Forman bertemu dengan dia pada Senin (3/5/2010). Akhir pekan lalu, Del Negro konon juga telah bertemu Chairman Jerry Reinsdorf dan di sana Del Negro berdebat sengit tentang masa depannya.
Del Negro memang berhasil membawa Bulls masuk ke playoff di fase-fase akhir kompetisi reguler. Namun di babak pertama playoff, Derrick Rose cs tak berdaya di tangan Cleveland Cavaliers dan kalah 1-4.
Namun prestasi tampaknya bukan jadi tolok ukur satu-satunya dalam kabar pemecatan Del Negro. Seringnya pelatih 43 tahun itu bentrok dengan manajemen juga turut jadi pemicunya.
Pada akhir Maret, Del Negro dilaporkan berkonflik dengan Wapres Bulls John Paxson soal jatah bermain center Joakim Noah yang baru pulih dari cedera. Del Negro sempat didorong oleh Paxson karena ia berdiri terlalu dekat.
Di awal musim, Del Negro juga bermasalah dengan Forman ketika ia memperlihatkan sikap mengancam tatkala berdebat sengit. Kedua peristiwa itu telah dibantah oleh Del Negro.
Sebagai pengganti Del Negro, ada beberapa nama yang masuk sebagai kandidat. Di antaranya adalah Doug Collins, Maurice Cheeks, Eric Musselman, Phil Jackson, Jeff Van Gundy, Byron Scott, Tom Thibodeau, Lawrence Frank, Dwane Casey, Avery Johnson dan John Calipari.