Pengertian RPP

Pengertian RPP

Pengertian RPP

Pengertian RPP
Pengertian RPP

RPP  atau yang kita kenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. RPP juga merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.

RPP yang berlandaskan UU No.19 tahun 2005

Namun, pengertian tentang apa itu RPP yang sebenarnya adalah pengertian RPP yang berlandaskan UU No.19 tahun 2005 yaitu: Seperangkat Rencana yang menggambarkan proses dan Prosedur pengorganisasian kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan di dalam silabus.

Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.

RPP tematik

Sedangkan RPP tematik adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai KD dan tujuan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema.

RPP mata pelajaran

Pada umumnya  RPP mata pelajaran dan RPP tematik itu sama, yang membedakan terdapat pada identitas mata pelajaran dan yang penting memperlihatkan keterkaitan rumusan komponen dengan tema yang ditetapkan

Disamping itu, untuk memudahkan dalam pengembangan RPP dapat memperhatikan  komponen-komponen RPP tematik sebagai berikut :

  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan ditematikkan, kelas, semester, tema, hari, dan waktu / banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  • Standar kompetensi merupakan kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran.
  • Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
  • Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan oleh peserta didik sesuai dengan KD.
  • Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa-siswi dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk mencapai KD.
  • Metode pembelajaran merupakan strategi kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik untuk mencapai KD.
  • Langkah pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa-siswi dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini terdapat dalam kegiatan pembukaan, inti, dan penutup).
  • Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  • Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa-siswi serta tindak lanjut hasil penilaian).

Baca Juga