Tantangan Eksternal Teknologi Pada Manajemen Sumber Daya Manusia

Tantangan Eksternal Teknologi Pada Manajemen Sumber Daya Manusia

Tantangan Eksternal Teknologi Pada Manajemen Sumber Daya Manusia

Tantangan Eksternal Teknologi Pada Manajemen Sumber Daya Manusia

Faktor Lingkungan

Keberadaan suatu organisasi sebagai system yang terbuka (open system) termasuk departemen SDM tidak lepas dari tantangan faktor lingkungan. Faktor lingkungan mempengaruhi kinerja organisasi baik yang berupa faktor lingkungan internal maupun faktor lingkungan eksternal. Faktor lingkungan internal merupakan

faktor yang data dikendalikan oleh organisasi dan faktor eksternal merupakan faktor luar organisasi yang tidak dapat dikendalikan. Organisasi modern berada pada suatu lingkungan yang berubah yang penuh dengan tantangan dimana organisasi dan departemen SDM hanya memiliki pengaruh yang kecil terhadap lingkungan. Tantangan-tantangan dari faktor lingkungan ini mempengaruhi jalannya organisasi dan mempengaruhi berbagai kebijakan dan praktik organisasi baik yang bersifat internal maupun eksternal.

 

 

Faktor Bersifat Eksternal dan Internal

Lingkungan manajemen SDM didefinisikan sebagai serangakaian faktor yang mempengaruhi kinerja dari fungsi-fungsi atau aktivitas-aktivitas manajemen SDM yang terdiri dari faktor-faktor internal yang bersumber dari dalam organisasi maupun faktor- faktor eksternal yang bersumber luar organisasi. Faktor-faktor internal meliputi system organisasi, serikat kerja, budaya/ karakter organisasi, dan  konflik-konflik internal antara pemilik/pemegang saham dengan karyawan. Sedangkan faktor-faktor eksternal meliputi perubahanteknologi, ekonomi, pemerintah, nilai-nilai budaya dan norma-norma social masyarakat, strukstur demografi, tuntutan profesi, pengaruh internasional, dan kondisi geografis.

 

Beberapa langkah-langkah manajemen SDM yaitu :

  1. Mengamati perubahan lingkungan

Pihal manajemen SDM harus selalu menginformasikan terjadinya perubahan lingkungan melalui keikutsertaan dalam berbagai asosiasi professional, menghadiri seminar, memperluas pengetahuan formal, dan banyak membaca dari berbagai media massa.

  1. Menegevaluasi dampak perubahan lingkungan

Apabila informasi terbaru diperoleh, maka pihak manajemen SDM akan mengevaluasi dampak informasi tersebut terhadap organisasi pada saat ini dan pada masa depan.

  1. Mengambil langkah-langkah proaktif

Pihak manajemen SDM melakukan langkah-langkah pendekatan dalam mencari kesempatan atas hasil evaluasi dampak perubahan lingkungan tersebut untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

  1. Memperoleh dan menganalisis umpan balik

Hasil dan aktivitas proaktif karyawan dievaluasi untuk melihat tingkat pencapaian hasil akhir yang diinginkan.

 

 

Salah satu faktor manajemen SDM yang akan kita pelajari yaitu faktor teknologi.

 Faktor teknologi merupakan faktor penentu yang cukup penting terhadap organisasi dan fungsi manajemen SDM. Faktor teknologi mempengaruhi alat yang tersedia dan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya: