5 Perbedaan Ikan Mas dengan Ikan Koi

5 Perbedaan Ikan Mas dengan Ikan Koi

5 Perbedaan Ikan Mas dengan Ikan Koi

5 Perbedaan Ikan Mas dengan Ikan Koi
5 Perbedaan Ikan Mas dengan Ikan Koi

Apakah perbedaan antara ikan mas dengan ikan koi? Hobi memelihara ikan hias sudah lama disukai oleh manusia. Selain membuat kita lebih peduli terhadap binatang, merawat ikan juga memiliki kegunaan sebagai sarana hiburan. Bayangkan selepas kita pulang dari kantor disambut oleh gerak-gerik ikan hias yang lincah dan berwarna-warni.

Kebanyakan orang lebih memilih memelihara ikan air tawar daripada ikan air laut. Alasannya alasannya yaitu ikan air tawar cenderung lebih gampang dirawat dan tidak memerlukan bentuk-bentuk perlakuan khusus. Tidak sedikit penghobi ikan hias yang begitu menyukai ikan mas dan ikan koi. Kedua ikan ini mempunyai perangai jinak, warnanya cerah, dan gerakannya pun lincah. Biasanya ikan-ikan ini dipelihara di bak khusus yang didesain sedemikian rupa biar mirip habitat alaminya.

Ikan Mas

Ikan mas hias (Carassius auratus auratus) yaitu ikan air tawar yang biasanya dipelihara untuk keperluan hiasan. Keindahan ikan ini terpancarkan oleh warna putih, kuning, jingga, merah, cokelat, atau hitam yang menyelubungi kulit luarnya.

ikan guppy – Gerak-gerik ikan mas juga sangat menghibur jikalau diperhatikan. Ikan ini memiliki tingkah laku yang begitu aktif dan jarang berdiam diri. Tidak sulit kok, memilih pakan yang bagus untuk ikan mas alasannya yaitu kepopulerannya sudah banyak produk pakan olahan yang tersedia di pasar.

Ikan Koi

Ikan koi (Cyprinus carpio) juga merupakan ikan air tawar yang biasa dipelihara di kolam. Ikan ini mempunyai corak tersendiri yang terbentuk dari kombinasi warna putih, merah, hitam, kuning, cokelat, atau jingga. Perbedaan corak yang muncul di badan ikan koi tersebut membuatnya terbagi menjadi beberapa jenis. Misalnya ikan koi jenis kohaku mempunyai corak yang terbentuk dari paduan warna putih dan merah. Keunikan lain dari ikan koi yaitu adanya kumis pendek di ujung kepalanya.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara ikan mas dan ikan koi :

  • Ikan koi selalu mempunyai kumis di ujung kepalanya. Kumis tersebut berukuran jauh lebih pendek daripada ikan lele yang berkumis panjang. Sedangkan ikan mas tidak mempunyai kumis.
  • Tubuh ikan koi hampir selalu dihiasi oleh minimal dua warna. Jarang sekali ikan koi yang mempunyai badan berwarna polos. Berbeda dengan ikan mas yang lebih sering memiliki warna polos di tubuhnya. Ikan mas juga jarang yang berwarna hitam.
  • Jika diperhatikan dengan seksama, ujung belakang sirip bab atas pada ikan koi menempel di tubuhnya. Hal ini berlainan dengan ikan mas yang tidak menempel.
  • Posisi verbal pada ikan koi umumnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas. Anda mampu mendekatkan kedua ikan ini untuk mengamatinya lebih lanjut.
  • Bentuk ekor ikan koi juga tidak sama dengan ekor ikan mas. Begitu pula dengan ukurannya, ikan koi mempunyai ekor yang berukuran lebih pendek daripada ikan mas.