3 STRATEGI PROMOSI ONLINE

3 STRATEGI PROMOSI ONLINE

3 STRATEGI PROMOSI ONLINE

3 STRATEGI PROMOSI ONLINE
3 STRATEGI PROMOSI ONLINE

Promosi di Internet saat ini menjadi strategi yang mulai diminati oleh berbagai kalangan baik pengusaha, pedagang, manajer marketing dan lain sebagainya.

Tren promosi lewat internet ini tidak hanya menyebar dikalangan perusahaan tapi juga industri-industri menengah bahkan home industri. Migrasi ini yaitu perpindahan strategi promosi dengan cara konvensional ke modern ini mengindikasikan bahwa strategi promosi modern ini menjanjikan prospek yang lebih baik.

Menetapkan tujuan

Sebuah promosi memang sudah sewajarnya memiliki tujuan karena tanpa tujuan memiliki tujuan sebuah promosi akan kehilangan daya tariknya dimata masyarakat. Tujuan ini diperlukan untuk menarik perhatian konsumen agar berminat untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Biasanya caranya adalah dengan cara persuasif atau menagakak masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan. Selain itu, kita juga perlu membuat pengelempokan-pengelompokan target produk yang akan kita tawarkan seperti produk untuk kelas atas, menengah atau kelas bawah agar promosi yang kita lakukan bisa tepat sasaran.

Membuat kebijakan dalam anggaran

Promosi yang baik haruslah memperhatikan seberapa besar anggaran agar promosi bisa lebih efisien karena bila kita tidak memperhatikan hal ini maka kita hanya akan membuang-buang dana yang ada. Selain itu pengaturan dalam penganggaran juga diperlukan yaitu untuk skala prioritas mana promosi yang sangat penting, penting dan kurang penting agar promosi bisa tepat guna.

Membuat konten promosi

Tahap selanjutnya adalah memikirkan apakah yang akan kita isi dalam promosi. Bagaimana kata-kata promosinya? Bagaimana background yang menarik? Gambar-gambar apa yang bisa memberikan kesan? Apakah akan menggunakan video atau animasi? Setelah kita menentukan konten promosi, kita perlu menggunakan sebuah pendekatan:

  • Pendekatan fakta, Pendekatan ini menggunakan kata-kata yang berupa fakta yang akan mendorong seseorang untuk membeli produk kita karena disini kita menjanjikan manfaat apa yang akan didapatkan bila mereka membeli produk kita.
  • Pendeketan persuasif, Pendekatan ini menggunakan warna atau gambar/animasi background yang menarik secara visual ditujukan untuk menarik perhatian setiap orang yang sekilas melihat promosi kita.

Baca juga artikel: