Etika Profesi di Dunia Teknologi Informasi

Etika Profesi di Dunia Teknologi Informasi

Etika Profesi di Dunia Teknologi Informasi

Etika Profesi di Dunia Teknologi Informasi
Etika Profesi di Dunia Teknologi Informasi

Apa itu etika???
Apa itu profesi???
Dan bagaimana etika profesi dalam dunia TI???

Sebagai seorang mahasiswa yang masih harus banyak belajar, saya mencoba mencari tahu bagaimana dan seperti apa etika dan profesi dalam dunia teknologi informasi.

Menurut para ahli, etika merupakan aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dalam masyarakat untuk menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.
Sebagai mahasiswa kita dapat menerapkan etika tersebut sebagai suatu ajaran moral yang menjadi alat kontrol dalam bersikap dengan penuh tanggung jawab agar dapat mengambil keputusan yang baik dan yang buruk dalam bertindak.

Sedangkan untuk profesi, istilah profesi ini kebanyakan dikenal sebagai suatu jenis pekerjaan tertentu yang secara langsung menunjukkan suatu keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Namun pada kenyataannya istilah profesi tidak saja dapat disamakan dengan pekerjaan, karena ada jenis-jenis pekerjaan tertentu khususnya yang berkaitan dengan jabatan seseorang dalam organisasi, yang tidak biasa atau kurang tepat untuk disebut sebagai profesi.

Teknologi Informasi (TI) selalu berkembang baik secara revolusioner (seperti misalnya perkembangan dunia perangkat keras) maupun evolisioner (seperti yang terjadi pada perkembangan perangkat lunak). Hal itu mengakibatkan bahwa pekerjaan/profesi di dunia teknologi informasi menjadi suatu pekerjaan dimana pelakunya harus terus mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi tersebut.

Dalam dunia TI, sebagai seorang profesional kita mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan etika profesi teknologi informasi yang memuat kajian ilmiah mengenai prinsip atau norma-norma dalam kaitan dengan hubungan profesionalisme.

Sumber : https://uptodown.co.id/