Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!

Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!

Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!

Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!
Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!

Ingin tahu, bagaimana ciri-ciri bibit ikan lele yang berkualitas unggul? Tidak sedikit para petani ikan lokal yang mencoba peruntungan dengan membudidayakan ikan lele. Alasannya alasannya yaitu ikan ini memiliki daya tahan yang sangat bagus, tingkat pertumbuhannya cukup cepat, dan perawatannya pun relatif mudah. Permintaan pasar akan daging ikan lele juga semakin meningkat di setiap tahunnya sehingga menjanjikan peluang yang cukup besar.

Tahap awal dan kunci kesuksesan usaha pembudidayaan ikan lele yaitu pemilihan bibit. Tentu saja menggunakan bibit ikan lele yang mutunya indah lebih baik daripada Anda memakai bibit yang tidak diketahui kualitasnya. Bibit ikan lele yang indah memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga waktu pemanenannya mampu dipersingkat dan alhasil juga lebih melimpah.

ciri bibit ikan lele yang berkualitas unggul Simak Berikut Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Unggul!

Jadi khusus buat Anda yang sedang memilih bibit ikan lele, perhatikan ciri-ciri berikut ini mengetahui kualitasnya.

Perilaku

ikan hiu megalodon – Anda mampu mengetahui suatu bibit ikan indah atau tidak hanya dengan melihat perilaku atau gerak-geriknya. Ikan lele yang sehat selalu bergerak lincah dan cepat menunjukkan respons terhadap kondisi di sekitarnya. Maksudnya ikan tersebut dapat berenang aktif kesana-kemari dan benar-benar responsif.

Untuk mengeceknya, Anda mampu melempar kolam dengan kerikil. Jika ikan-ikan lele di dalamnya cepat menghindar dan pribadi bergerak, itu artinya lele tersebut bagus. Coba juga menunjukkan pakan, ikan lele yang sehat umumnya akan pribadi menyambar pakan tersebut. Di sisi lain bibit ikan lele yang lemas, diam, bergerombol di pojok kolam, gerakannya kurang, menggantung di bibir kolam, atau hanya bergerak maju-mundur saja membuktikan kalau kualitasnya tidak terlalu baik.

Fisik

Setelah Anda berhasil menyortir anakan ikan berdasarkan tingkah lakunya, kini saatnya menyeleksi kembali bibit-bibit tersebut menurut kondisi fisiknya. Anggota tubuh ikan lele yang perlu diperiksa yaitu badan, 2 pasang sirip bawah, sirip punggung, dan 4 pasang sungut. Ikan lele yang indah biasanya mempunyai bentuk tubuh yang proporsional dari kepala hingga ekor. Warna permukaan tubuh/kulitnya pun mulus yakni cokelat renta atau hitam kemerahan, serta terlihat cerah dan mengkilat.

Sedangkan kondisi fisik ikan lele yang jelek yaitu ikan yang memiliki cacat bawaan, memiliki luka, atau terkena penyakit. Sebagai contohnya, ikan lele yang mempunyai lecet atau bintik-bintik putih di sekujur badannya membuktikan bila mutunya tidak bagus. Begitu pula bila kondisi sungut/kumis ikan tersebut tidak normal, maka sebaiknya jangan beli bibit ikan tersebut. Semakin banyak ketidaknormalan yang dimiliki oleh seekor bibit ikan lele, maka semakin cepat juga ikan tadi bakal mati.