Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!
Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Bagaimana cara merawat ikan mas koki biar cepat besar? Ikan mas koki merupakan ikan hias yang paling banyak dipelihara oleh para penghobi di Indonesia. Selain terlihat menggemaskan, ikan ini juga terbilang mudah dibudidayakan. Ini dikarenakan ikan mas koki cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya serta memiliki nafsu makan yang cukup rakus. Untuk dapat merawat ikan mas koki dengan baik, Anda mampu mengikuti panduan ini!

Gunakan Akuarium yang Sesuai

ikan cupang aduan – Akuarium yang pas untuk daerah pemeliharaan ikan mas koki paling tidak mempunyai kapasitas 38 liter. Semakin banyak jumlah ikan yang dipelihara di dalamnya, maka ukuran akuarium juga harus semakin besar. Tidak hanya sempit dan menyulitkan pergerakan ikan, penggunaan akuarium yang berukuran kecil juga menjadikan peningkatan jumlah amonia akhir kotoran ikan secara drastis.

Pakai Gravel yang Aman

Kebiasaan utama ikan mas koki ialah menggali adegan dasar air untuk mencari makanan. Anda mampu menambahkan gravel ke dalam akuarium untuk mendukung kebiasaan tersebut sekaligus memperindah tampilannya. Pastikan gravel yang dipakai terbuat dari materi yang aman dan berukuran tidak terlalu kecil semoga tidak tergoda oleh ikan. Sebelum dimasukkan ke akuarium, gravel-gravel ini juga wajib direndam terlebih dahulu selama 3-5 hari.

Usahakan Mendapatkan Pencahayaan

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan makhluk hidup. Selain dapat meningkatkan kesehatan ekosistem akuarium, pencahayaan yang baik juga mampu memperindah tampilannya. Anda juga mampu memanfaatkan cahaya buatan dengan menyalakan lampu cukup selama 8-12 jam. Gunakan nyala lampu yang cukup semoga tidak mengganggu kenyamanan ikan.