Cerita Hatta Jatuh Bangun Kuliah di Belanda

Cerita Hatta Jatuh Bangun Kuliah di Belanda

Cerita Hatta Jatuh Bangun Kuliah di Belanda

Cerita Hatta Jatuh Bangun Kuliah di Belanda
Cerita Hatta Jatuh Bangun Kuliah di Belanda

Kuliah di Belanda sejujurnya tidak seindah yang dibayangkan. Semua mahasiswanya

digembleng untuk bisa fokus dan disiplin. Mahasiswa S2 jurusan Innovation Management TU Eindhoven, Belanda Hatta Bagus Himawan mengaku bukanlah perkara mudah bisa survive sampai sekarang.

Ancaman Drop Out itu nyata adanya dan tidak bisa ditawar. ’’Untuk diterima kuliah di Belanda ini tergolong mudah, tetapi untuk bisa survive itulah tantangannya,’’ papar Hatta.

Jadi jika ada mahasiswa yang hanya menyelesaikan kurang dari 30 ECTS dalam 1 tahun maka mahasiswa tersebut akan dideportasi. Sebagai catatan, normalnya mahasiswa selama 1 tahun menyelesaikan 60 ECTS.

Dan untuk lulus kuliah, untuk sebagian orang adalah suatu yang mewah.

Hatta sendiri pernah mengalami masa ini dimana untuk lulus satu mata kuliah saja susahnya minta ampun.

’’Percaya atau tidak, pada kuartal pertama, saya tidak ada satupun mata kuliah yang lulus. Alhasil saya harus mengulang ujian pada kuartal selanjutnya. Sehingga pada kuartal 2 saya harus menempuh 6 ujian, bahkan ada 1 hari dimana saya harus mengambil 2 ujian. Hal ini cukup berat buat saya, bahkan terbesit pikiran untuk pulang saja ke Indonesia,’’ papar awardee LPDP tersebut.

Akan tetapi saat ingin menyerah Hatta selalu teringat perjuangan Iwa Koesoemasoemantri, Achmad Soebardjo, Mohammad Hatta, dan Ali Sastroamidjojo, para pembesar-pembesar Negara kita dalam menempuh kuliah di Belanda.

Barang tentu mereka dihadapkan kondisi yang lebih berat daripada Hatta

. Akhirnya dia membulatkan tekad untuk menghadapi ini semua. Terhitung satu bulan sebelum ujian, Hatta ke perpustakaan dari jam 10.00 hingga jam 22.00 setiap hari tanpa ada yang terlewat sehari pun.

Dan hasilnya, Hatta lulus semua, bahkan study advisor Hatta sendiri mengatakan bahwa case Hatta lolos enam mata kuliah sekaligus ini sangatlah langkah dan mereka masih tidak percaya.

“Hikmah yang dapat diambil adalah, datanglah kesini, ambil impianmu kemari meskipun melalui jalan yang tidak mudah. Hadapi dan jangan pernah lari. Karena perjuangan ini semua akan sepadan pada akhirnya,” sarannya. (*)

 

Sumber :

https://activerain.com/profile/danuaji