ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR
ILMU BUDAYA DASAR

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

 

Budaya dasar merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan, baik kebudayaan negara kita sendiri maupun kebudayaan negara luar. Budaya dasar merupakan ilmu yang berkenaan dengan budi pekerti seorang manusia, dimana dalam bertindak dan berfikir untuk selalu memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan jasmani maupun rohani kepada sang pencipta. Dalam suatu ilmu budaya dasar pengetahuan juga sangat diharapkan mampu memberikan pengetahuan-pengetahuan dasar maupun umum mengenai konsep perkembangan yang mengkaji permasalahan-permasalahan di dalam manusia dan kebudayaan.

 

>> Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan merupakan suatu usaha sadar manusia untuk menyelidiki dan meningkatkan pemahaman dari berbagai segi bidang kenyataan dalam kehidupan manusia. Jadi ilmu pengetahuan adalah suatu cara manusia mempelajari suatu aspek untuk memahami dan menguasai kompetensi yang ada di dalam diri manusia tersebut.

Dari berbagai banyak macam sumber-sumber yang ada, dari semua sumber tersebut dapat kita lihat berbagai macam kreasi-kreasi yang banyak memiliki arti unik dan sangat bervariasi. Dengan itu saya merangkumnya kembali menurut versi saya sendiri.

a.) Ilmu Pengetahuan Alam

Manusia di ciptakan di bumi tidak untuk hidup sendiri dan menyendiri, manusia dianjurkan beradaptasi untuk hidup berbaur dengan manusia yang lain. Karena di dalam kehidupan manusia, manusia membutuhkan suatu hubungan dengan yang lain untuk menciptakan suatu interaksi sesama yang saling menguntungkan. Manusia dalam melakukan kegiatan apa pun itu, juga sangat memerlukan bantuan orang lain, begitu pun sebaliknya untuk kelangsungan hidup mereka. Di samping kehidupan individu manusia tersebut, disekitar mereka terhampar luas alam nan indah ini, peran manusia sangat diperlukan untuk mempertahankan serta melestarikan alam-alam yang ada di bumi, supaya tidak terus terjadi pengeksploitasian alam secara besar-besaran. Guna manusia itu sendiri untuk selalu menjaga dan melindungi dari segala macam bentuk kejahatan alam. Karena tanpa alam manusia tidak dapat memnuhi kebutuhan hidupnya, begitu pun alam tanpa manusia mungkin mereka sudah tidak terlindung.

 

Ilmu Pengetahuan Sosial

Saling berinteraksi dengan yang lainnya tentu sangat menyenangkan apabila semuanya dapat memberikan pengaruh dan manfaat yang baik. Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia.

 

Ilmu Kebudayaan

Ilmu yang mempelajari norma asas di setiap wilayah di segala penjuru negara, tidak semua kebudayaan itu sama dan juga tidak lain pula dinegara satu mudah menerima kedatangan buadaya yang berasal dari Negara lain.

Di negeri Indonesia ini merupakan negara yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya, di mana setiap masing-masing wilayah memiliki ciri khas adat istiadat maupun tradisi tertentu. Perbedaan juga terlihat dari tutur bahasa yang digunakan sehari-hari, tingkah-laku, dan lain sebagainya.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11145-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli