Peringatan KAA Harus Bangkitkan MICE Jabar

Peringatan KAA Harus Bangkitkan MICE Jabar

Peringatan KAA Harus Bangkitkan MICE Jabar

Peringatan KAA Harus Bangkitkan MICE Jabar
Peringatan KAA Harus Bangkitkan MICE Jabar

BANDUNG-Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) bulan April nanti dapat menjadi dorongan bagi percepatan pengembangan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Jawa Barat berskala
internasional.

Ketua Umum Asosiasi Konvensi dan Kongres Indonesia (Akkindo) Jabar, Deni Drimawan mengatakan KAA yang diselenggarakan tahun 1955 adalah MICE berskala internasional pertama dan satu-satunya yang pernah
diselenggarakan di Jabar.

“Peringatan KAA yang rutin diselenggarakan dalam beberapa tahun terakhir,

sebetulnya ideal dijadikan sarana untuk mendorong kegiatan MICE berskala internasional. Karena selain memiliki skala
kegiatan yang cukup besar, peringatan KAA juga diikuti oleh puluhan negara,” ujarnya di sekretariat Forum Diskusi Wartawan Bandung belum lama ini.

Sayangnya, menurut Deny, beberapa kali peringatan KAA sepertinya tidak

berdampak pada perkembangan MICE Jabar. Hal itu terlihat pula dari rencana peringatan KAA 2015 yang waktunya tinggal dua bulan lagi, tapi di Jabar ataupun Bandung sepi-sepi saja. “Malah yang tampak sibuk adalah teman-teman di Jakarta,” katanya.

Padahal dilihat dari berbagai persyaratan untuk melakukan MICE internasional, relatif sudah bisa dipenuhi Jawa Barat. Khususnya di Bandung yang sudah memilki infrastruktur relatif lengkap, baik jumlah kamar hotel, jumlah PEO (profesional event organizer), PCO (proffesional convention organizer), sampai dengan akses pelabuhan udara.

“Kelengkapan yang belum ada adalah gedung yang representatif untuk

penyelenggaraaan MICE internasional. Memang ada beberapa tempat yang mengklaim bisa menampung 4.000 orang atau lebih, tapi belum bisa dikatakan representatif ,” katanya.

 

 

Sumber :

http://forums.qrecall.com/user/profile/35640.page