Cara Pemakaian Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Pengobatan

Cara Pemakaian Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Pengobatan

Cara Pemakaian Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Pengobatan

Cara Pemakaian Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Pengobatan
Cara Pemakaian Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Pengobatan

Biji, Akar, Daun, Dan minyak dari bijinya dapat di manfaatkan untuk kesehatan. Biji jarak yang di buang kulitnya dan dilumatkan hingga menjadi serbuk dapat di tempelkan ke pada tubuh sebagai obat korengan. Sdangkan minyak yang diambil dari bijinya dapat di minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak-anak dan juga orang dewasa. Dan daun dari jarak tersebut berkhasiat juga untuk menyembuhkan penyakit batuk dan sesak nafas. Akarnya bermanfaat juga untuk menjaga stamina tubuh.

Tanaman tersebut merupakan sumber minyak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun. Pohon jatak tersebut merupakan Satu-satunya tumbuhan yang bijinya yang kaya akan suatu asam lemak (Hidroksi), Yaitu asam (Ricinoleat). Kehadiran asam lemak tersebut membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu yang tinggi sehingga minyak jarak di pergunakan sebagai campuran (Pelumas).

Cara Pemakaian Pohon Jarak Untuk Pengobatan

1. Biji

Koreng : 20 biji di buang kulitnya, di lumatkan menjadi berbentuk bubur, ditambah sedikit garam dan diaduk hingga rata, kemudian templkan kepada tempat yang sakit 2 kali sehari.

Prolapsus uterus dan rectum : Lumatkan biji jarak dan ddi pakai atau di tmpelkan pada titik pai hui yang terletak di kepala.

Kesulitan melahirkan dan retensi placenta : Lumatkan biji jarak dan tempelkan ke titik akupunktur yungchuan (Vlll1= K-1) yang terletak pada Tengah-tengah telapak kaki.

Kelumpukan otot wajah : Lumatkan biji jarak kemudian tempelkan pada sendi mandibular dan lengkungan mulut, Lakukan 1 kali sehari, selama 10 hari.

Kanker cervix : Salep atau crem berisi 3-50/o dan 3% dimethyl sulfoxide, dioleskan pada kanker cervix 1 kali sehari, 5-6 kali/seminggu untuk 1-2 bulan. Dilakukan Bersama-sama dengan penyinaran extracorporal.

2. Daun 

Pemakaian luar : Di rebus airnya untuk mencuci atau di lumatkan (Tempel).

1. Bengkak : Daun di kukus matang, dibungkus di tempat yang sakit.
2. Hernia : Daun tambah sedikit garam dilumatkan, tempelkan pada titik tengah telapak kaki.
3. Koreng : Daunn segar di rendam air panas hingga lemas, dan tempelkan ke tempat yang sakit.

3. Minyak

Constipasi : Anak-anak 4 ml dan sewasa 5-20 ml, di minum pada pagi hari sewaktu perut kosong. Bagi para wanita hamis dan yang sedang haid di larang meminum atau mengkomsumsi. Disebabkan (kongesti ringan pada organ panggul).

4. Akar

15-30 gr akar pohon jarak, rebus, minum. Pemakaian luar, di lumatkan, tempel : Rheumatik persendian, epilepsi (Ayan) 15-30 gr akar di rebus, lalu minum. Pegal-pegal, luka terpukul : 9-12 gram akar kering, direbus.

Gejala keracunan : Sakit kepala, Muntah berak, Panas, leukositosis, gambaran darah putih bergeser kekiri, produksi kencing terhenti, keringat dingin, Kejang-kejang, prostration, meninggal. Meninggal atau kematian dapat terjadi dengan menelan 20 biji jarak pada orang dewasa dan 2-7 biji pada Anak-anak. Menghilangkan racun tersebut dengan cara memanaskan 100 C atau lebih selama 20 menit atau juga di rebus selama 2 jam. Tetapi khasiat anti kanker hilang karena perebusan tersebut.

Efek Samping : Nyeri perut, gatal pada liang kemaluan, gatal seluruh tubuh, eczema, biduran (Urticaria), serak, pembengkakan larynx, gatal pada tenggorokan, pengelupasan kulit telapak tangan dan kaki, mengigil demam, yang hilang dengan Obat-obat symptomatik.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung blog ini.

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id