CARA MENJAGA WARNA PAKAIAN SELALU KELIHATAN BARU

CARA MENJAGA WARNA PAKAIAN SELALU KELIHATAN BARU

CARA MENJAGA WARNA PAKAIAN SELALU KELIHATAN BARU

CARA MENJAGA WARNA PAKAIAN SELALU KELIHATAN BARU
CARA MENJAGA WARNA PAKAIAN SELALU KELIHATAN BARU
Baju berwarna jadi pilihan fashion item favorit sebagian orang untuk mendukung penampilannya. Maka dari itu, menjaga warnanya biar nggak cepat pudar jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Nggak keren dong kalau saat kamu memakai pakaian ternyata warnanya mulai pudar karena salah mencuci. Sayangnya, deterjen yang tersedia di pasaran diyakini dapat mempercepat proses pemudaran warna pakaian karena bahan kimia yang dikandungnya.
Di sisi lain, pakaian dengan bahan berkualitas murah bila dicuci dapat meninggalkan banyak warna. Hal ini pasti membuat pakaian kamu terlihat kusam dan pudar. Misalnya saja pakaian warna hitam merupakan salah satu warna yang cenderung mudah memudar. Nah, untuk menjaga pakaian hitam dan warna lainnya dari risiko memudar, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.
Berikut beberapa tips diantaranya, 

1. Rendam pakaian dalam kondisi terbalik

Jika tak ingin warna pakaian cepat memudar, sebelum memasukkannya ke mesin cuci, sebaiknya kamu terlebih dahulu membalik pakaian sehingga bagian dalam pakaian berada di luar. Jangan khawatir tentang kotoran dan debu yang tadinya menempel di bagian luar pakaian, karena pada akhirnya tetap akan bersih saat dicuci. Ini adalah langkah pertama untuk mencegah pakaian dari risiko memudar.

2. Rendam dalam cuka

Jika kamu mencuci pakaian dengan tangan, tambahkan cuka ke dalam larutan air deterjen yang berisi pakaian. Rendam dan biarkan selama lima menit baru kemudian bilas. Trik kecil ini akan membantu menjaga pakaian kamu dari risiko memudar.
Menurut Housekeeping, penambahan cuka pada proses pencucian baju bisa membuat warna pada kain tetap awet dan cerah. Ternyata cuka juga bisa jadi pelembut pakaian alami. Meskipun bau dari cuka itu nggak enak, tapi tenang bau cuka akan hilang setelah proses pencucian.

3. Cuci dengan air dingin

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, kalau kamu ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin untuk mencuci pakaian agar warnanya lebih awet dan tak cepat memudar.

4. Jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari

Selain teknik mencuci, menjemur ternyata juga berpengaruh pada awet tidaknya warna pada pakaian. Hindari penjemuran dan langsung di bawah sinar matahari, karena sinar matahari memiliki efek pemutihan pada pakaian yang memungkinkan warna pakaian cepat memudar. Selain itu hindari penjemuran terlalu lama karena akan membuat baju menjadi bau matahari dan juga akan mengikis kualitas pakaian.

5. Keringkan dengan alat khusus

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa sinar matahari dapat mempercepat proses pemudaran warna pakaian. Nah jika kamu memiliki alat pengering pakaian, hal ini jadi pilihan yang lebih baik dilakukan untuk mencegah warna yang cepat memudar dan memperpanjang kualitas pakaian.