Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya

Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya

Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya

Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya
Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya

Jenis-jenis Bakteri

Jenis-jenis bakteri dibedakan menurut cara memperoleh masakan dan cara memperoleh oksigen. Berdasarkan cara memperoleh makanan, jenis-jenis kuman yang dimaksud adalah:

Jenis Kuman

Bakteri Heterotrof: kuman heterotrof yaitu kuman yang makanannya berupa senyawa organik dari organisme lain. Bakteri heterotrof terbagi menjadi kuman saprofit dan kuman parasit.

Bakteri Autotrof: kuman autotrof yaitu bakteri yang bisa menciptakan makanannya sendiri. Bakteri autotrof dibedakan dalam dua kelompok menurut asal energi untuk mensintesis makanannya, yaitu bakteri fotoautotrof dan bakteri kemoautotrof.

Berdasarkan cara memperoleh oksigen, jenis-jenis bakteri dibagi menjadi:
Bakteri Aerob: Bakteri aerob yaitu kuman yang membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Contoh kuman aerob yaitu Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Nitrobacter.

Bakteri Anaerob: bakteri anaerob yaitu kuman yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Energi diperoleh dari proses perombakan senyawa organik tanpa memakai oksigen yang disebut fermentasi. Bakteri anaerob dibedakan menjadi anaerob obligat dan anaerob fakultatif.

Berdasar Lapisan Peptidoglikan Dinding Sel. Bakteri Gram Positif Warna ungu, lapisan peptidoglikan dinding sel tebal
Bakteri Gram Negatif Warna merah muda, lapisan peptidoglikan dinding sel tipis

Reproduksi Bakteri

Bakteri umumnya melaksanakan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada kuman yaitu pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua. Selama proses pembelahan, material genetik juga menduplikasi diri dan membelah menjadi dua, dan mendistribusikan dirinya sendiri pada dua sel baru. Bakteri membelah diri dalam waktu yang sangat singkat.Pada kondisi yang menguntungkan berduplikasi setiap 20 menit.

Cara Reproduksi Bakteri

selain pembelahan biner antara lain :

1. Konjugasi : reproduksi seksual dimana kuman bertukar materi genetik sebelum membelah diri, sehingga turunannya mempunyai gen baru. Material genetik ditransfer melalui pili sex.
2. Transformasi – kuman mengambil gen dari kuman lain yang telah mati dari lingkungannya.
3. Transduksi – virus menyisipkan gen gres ke dalam sel bakteri. Metoda ini dipakai dalam bioteknologi untuk menghasilkan kuman yang sanggup menghasilkan insulin.

Demikianlah penjelasan mengenai Jenis-jenis Bakteri dan Cara Reproduksinya. Terimakasih

Baca Juga: