Penjelasan Kelompok Secara Lengkap

Penjelasan Kelompok Secara Lengkap

Penjelasan Kelompok Secara Lengkap

 

Kelompok Kerja

Kelompok kerja adalah sekumpulan orang, terdiri atas 2 anggota atau lebih yang :

  1.  Mempunyai tujuan yang sama
  2. Mempunyai kepentingan sama
  3. Saling bekerjasama
  4. Saling berhubungan
  5. Memiliki rasa ikut bertanggung jawab
  6. Saling tergantung satu dengan lainnya

Klasifikasi Kelompok

  1. Kelompok Formal, suatu kelompok kerja yang ditandai dengan adanya struktur organisasi
  2. Kelompok Komando, seorang manajer dan bawahan-bawahan langsungnya.
  3. Kelompok Tugas, mereka yang bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan suatu tugas pekerjaan.
  4. Kelompok Informal, suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal muncul sebagai tanggapan terhadap situasi sosial.
  5. Kelompok Kepentingan, mereka yang bekerja bersama-sama untuk mencapai sasaran khusus yang menjadi kepedulian dari tiap anggotanya.
  6. Kelompok Persahabatan, mereka yang bergabung bersama-sama karena mereka berbagi satu karakteristik atau lebih.

Mengapa Orang masuk kelompok ?

1. Keamanan
2. Status
3. Penghargaan Diri
4. Pertalian
5. Kekuasaan
6. Prestasi Baik

Keuntungan dan kerugian bekerja dalam kelompok

Keuntungan :

  • Informasi lebih lengkap
  • Alternatif lebih banyak
  • Diperoleh komitmen
  • Legitimasi

Kerugiannya :

  • Menghabiskan waktu
  • Tekanan untuk sesuai
  • Dominasi mewarnai kelompok
  • Tanggung jawab samar

Tahap pertumbuhan Kelompok (Stage of group development)

1. Pembentukkan, ketidakpastian yang cukup tinggi dalam tujuan, struktur, perilaku dan kepemimpinan
2. Konflik, perbedaan ide, cara kerja, nilai dan perilaku. Terjadi perebutan pengaruh.
3. Kohesif, terciptanya hubungan yang dekat, komunikasi 2 arah. Kelompok sepakat tentang harapan dan perilaku kelompok Suasana menyenangkan.
4. Produktif, semua enerji diarahkan untuk pencapaian tujuan kelompok

Sumber Daya Anggota

• Kemampuan
• Karakteristik Kepribadian Anggota Kelompok
• Peran
• Norma
• Status
• Ukuran / Tolak Ukur
• Kekohesifan

Teknik Pengambilan Keputusan Kelompok

  1. Sumbang Saran. Suatu proses penimbulan gagasan yang secara khusus mendorong setiap dan semua alternatif, sementara menahan setiap kritik terhadap alternatif-alternatif itu.
  2. Teknik Kelompok Nominal. Anggota kelompok bertemu tatap muka untuk mengumpulkan pertimbangan mereka dalam suatu cara yang sistematik tetapi tidak saling bergantung
  3. Teknik Delphi. Anggota kelompok bertindak secara terpisah, mengumpulkan pertimbangan mereka dengan cara yang sistematik dan tidak bergantungan.

Tim Atau Kelompok Kerja??

Kelompok Kerja adalah kelompok yang terutama berinteraksi untuk membagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota dalam bidang tanggung jawabnya. Tujuan Berbagi info, Tanggung Jawab. Individual, Keterampilan Beragam/acak

Tim Kerja adalah kelompok yang upaya-upaya individunya menghasilkan suatu kinerja yang lebih besar daripada jumlah dari masukan-masukan individual. Tanggung Jawab individual dan timbal balik, Keterampilan Saling melengkapi.

Karakteristik Kelompok Efektif

  1. Kompetensi Teknis
  2. Kohesi
  3. Nilai dan Tujuan kelompok jelas
  4. Dukungan dari Anggota
  5. Kesetiakawanan
  6. Keterbukaan
  7. Pengambilan Keputusan
  8. Fleksibel
  9. Kreatif
  10. Kepemimpina yang jelas

 

Sumber : https://seputarilmu.com/