Pengertian Membaca Iklan dan Contohnya

Pengertian Membaca Iklan dan Contohnya

Pengertian Membaca Iklan dan Contohnya

Pengertian Membaca Iklan dan Contohnya
Pengertian Membaca Iklan dan Contohnya

Pengertian

Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran (Gilson dan Berkman, 1980)

 Iklan pendidikan adalah iklan iklan yang di sampaikan oleh institut pendidikan, baik dinas pendidikan kecamatan, kabupaten, provinsi, atau oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Arief Mustofa).

Fakta adalah suatu yang tertangkap oleh indra manusia  atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbantuk frase dan kata.

Contoh Iklan Pendidikan

Perhatikan iklan berikut!


                                              PENGUMUMAN 

Diberitahukan kepada siswa SMP Inovasi, bahwa pada tanggal 23 November 2013 pikul 14.00 s.d 16.00 bertempat di Lapangan SMP Inovasi akan dilaksanakan Pembukaan Respect Cup II. Harap seluruh siswa menghadiri kegiatan tersebut.

 

Penjelasan Iklan pengumuman tersebut adalah Selurus siswa SMP Inovasi supaya menghadiri acara pembukaan Respect Cup II.  

Pembahasan:

Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah Selurus siswa SMP Inovasi supaya menghadiri acara pembukaan Respect Cup II.  

Penjelasan Isi Salah Satu Kalimat dalam Iklan Layanan Masyarakat

 Iklan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam kesadaran dan kehidupan umum (wikipedia).

Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Maksud contoh teks ulasan pada kalimat dalam iklan merupakan makna tersirat dalam kalimat tersebut, atau penjelasan dari sebuah kalimat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Perhatikan iklan berikut!


Butuh Uang dalam Waktu Singkat?
 
        Jangan pernah ragu-ragu datangi pegadaian di sekitar Anda. Pegadaian menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Maksud iklan tersebut adalah Pegadaian memberi solusi bagi masyarakat yang kesulitan uang.

Pembahasan:

Penjelasan iklan teks tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah Pegadaian memberi solusi bagi masyarakat yang kesulitan uang.