Cara Efektif Pemberian Pakan Pada Ikan

Cara Efektif Pemberian Pakan Pada Ikan

Cara Efektif Pemberian Pakan Pada Ikan

Cara Efektif Pemberian Pakan Pada Ikan
Cara Efektif Pemberian Pakan Pada Ikan

ehost.co.id – Sistem pemberian pakan dapat dilakukan secara manual dengan tangan atau dengan pemberian secara otomatis. Budidaya skala besar dengan produksi intensif dapat menghabiskan waktu makan yang banyak dan membenarkan untuk sistem pemberian pakan secara otomatis dalam investasi. Misalnya, kebutuhan harian pakan untuk budidaya rainbow dengan biomassa terdiri dari 100 ikan setidaknya menghabiskan 3500 kg pakan per hari dengan suhu air 16 ° C.

Untuk produksi benih intensif, beberapa spesies membutuhkan pasokan makanan hampir terus menenrus, Pekerjaan tersebut membutuhkan pekerja dalam jumlah yang besar, dan karena itu biasanya dilakukan pemberian pakan secara otomatis. Cara pemberian pakan ikan untuk budidaya intensif merupakan pemberian pakan yang paling menarik.

Pemilihan sistem pemberian pakan

Pada semua kegiatan budidaya intensif yang menggunakan sistem pemberian pakan otomatis. Pemilihan sistem pemberian pakan, tergantung pada sejumlah faktor yaitu jenis spesies, jenis produksi, ukuran produksi dan akses pakan.

Sistem pemberian pakan bisa dilakukan menggunakan dispenser pakan yang sederhana ke sistem komputerisasi canggih yang tidak memerlukan listrik yang mengontrol langsung nafsu makan ikan.

Persyaratan cara pemberian pakan

Persyaratan yang diperlukan untuk sistem pemberian pakan tergantung pada tipe apa yang dipilih, berikut ini jenis sistem yang digunakan khususnya untuk pakan kering:

  • Pemberian pakan dengan operasi sederhana
  • Pemeliharaan alat yang mudah
  • Toleransi angin dan laut (budidaya offshore)
  • Toleransi kelembaban tinggi
  • Pengisian pakan yang sederhana
  • Kalibrasi sederhana (tidak ada kendali jumlah)
  • Akurasi dispersi tinggi
  • Penyebab beberapa kerusakan

Sejumlah peralatan mesin yang lebih menarik untuk meningkatkan pengetahuan dasar tentang pemberian pakan secara otomatis, misalnya penanganan padat, padat dan padatan massal pakan.

Sistem pemberian pakan secara dinamis

Penggunaan sistem pemberian pakan secara dinamis dapat mengontrol jumlah pakan yang akan diberikan. Dalam sistem kolektor kerugian pakan ditempatkan di dalam cage. Ketika mulai pemberian pakan, pompa mengambil pakan dari luar yang terkumpul, dulunya pakan dipompa melalui pipa yang ditempatkan diatas kandang.

Dalam rangkaian pipa ini dipasangi perangkat inframerah pendeteksi eventu pakan yang dimakan. Jika tidak ada partikel pakan yang tersisa, porsi pakan baru mulai ditambahkan. Prosedur yang sama ketika memulai pemberian pakan berikutnya, cara ini dapat menentukan nafsu makan ikan, dengan meningkatkan nafsu makan ikan semakin bertambah jumlah pakan yang diberikan.

Dan sistem seperti ini tidak mempengaruhi pakan terhadap lingkungan dan untuk mendapatkan peringatan terhadap perilaku abnormal ikan.

 

Baca juga artikel lainnya tentang: