Faktor-faktor yang Mempengaruhi disiplin

Faktor-faktor yang Mempengaruhi disiplin

Faktor-faktor yang Mempengaruhi disiplin

Faktor-faktor yang Mempengaruhi disiplin
Faktor-faktor yang Mempengaruhi disiplin

Terbentuknya disiplin sebagai tingkah laku yang berpola dan teratur menurut Dolet Unaradjan (2003 : 28-31) dipengaruhi oleh :

  • Keadaan Lingkungan Keluarga
  • Keadaan sekolah
  • Keadaan Masyarakat

Menurut Ekosiswoyo dan Rachman (2000)

faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin, antara lain:

Dari sekolah

Tipe kepemimpinan guru atau sekolah yang otoriter yang senantiasa mendiktekan kehendaknya tanpa memperhatikan kedaulatan siswa. Perbuatan seperti itu mengakibatkan siswa menjadi berpura-pura patuh, apatis atau sebaliknya. Hal itu akan menjadikan siswa agresif, yaitu ingin berontak terhadap kekangan dan perlakuan yang tidak manusiawi yang mereka terima.
Guru yang membiarkan siswa berbuat salah, lebih mementingkan mata pelajaran dari pada siswanya.

Lingkungan sekolah

seperti: hari-hari pertama dan hari-hari akhir sekolah (akan libur atau sesudah libur), pergantian pelajaran, pergantian guru, jadwal yang kaku atau jadwal aktivitas sekolah yang kurang cermat, suasana yang gaduh, dll.

Dari keluarga

contohnya :
Lingkungan rumah atau keluarga, seperti kurang perhatian, ketidak teraturan, pertengkaran, masa bodoh, tekanan dan sibuk urusannya masing-masing.

Lingkungan atau situasi tempat tinggal, seperti lingkungan kriminal, lingkungan bising dan lingkungan minuman keras.
Herbert J. Klausmeier (1975 : 427) mengemukakan bahwa “environmental factors often cited as influences upon student discipline behavior include : (1) the family situation, (2) the peer group, (3) television viewing, (4) the social-psychology climate of the school, and (5) teacher behaviors.” (faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku disiplin siswa meliputi : (1) situasi keluarga, (2) kelompok teman sebaya, (3) tontonan televisi, (4) iklim sosial di sekolah, dan (5) perilaku guru).
Dari uraian yang telah dikemukakan maka dapat diketahui bahwa lingkungan keluarga mempengaruhi terbentuknya sikap disiplin pada siswa. Seperti yang dikemukakan oleh Oemar hamalik (2010 : 102) yaitu “situasi di dalam lingkungan keluarga besar pengaruhnya terhadap emosi, penyesuaian sosial, minat, disiplin dan perbuatan siswa di sekolah”.
Kemudian Syamsu Yusuf (2010:40) juga mengemukakan “lingkungan keluarga mempengaruhi perkembangan kemampuan anak untuk disiplin, toleran dan bertanggung jawab.” Jadi faktor utama yang mempengaruhi pembentukan sikap disiplin pada siswa adalah faktor lingkungan keluarga sebab lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal anak.

Demikialah penjelasannya. Terimakasih.

Baca juga: